Aceh Besar Mulai Salurkan Rastra

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, Rabu (31/1), meluncurkan (launching) bantuan sosial beras sejahtera

Aceh Besar Mulai Salurkan Rastra
BUPATI Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan beras kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada peluncuran Bansos Rastra Aceh Besar di halaman Kantor Camat Baitussalam, Rabu (31/1). 

KOTA JANTHO - Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, Rabu (31/1), meluncurkan (launching) bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) untuk masyarakat miskin di kabupaten itu.

Penyerahan rastra--dulu bernama beras miskin (raskin)--yang berlangsung di halaman Kantor Camat Baitussalam turut dihadiri Sekdakab Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, para kepala SKPK, camat, dan Muspika Baitussalam, serta penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Bupati Mawardi Ali, menjelaskan, pembagian rastra dimulai dari Kecamatan Baitussalam dan kemduian akan dilanjutkan ke kecamatan lain. Di Aceh Besar, sebutnya, sebanyak 28.232 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berhak menerima Bansos Rastra. “Setiap keluarga menerima beras 10 kilogram dan tak dibebankan biaya tebus,” ujar Bupati.

Selama ini, menurut, rastra disalurkan kepada gampong dan kemudian akan dibagi rata kepada semua warga. Namun, kata Mawardi, pada tahun ini rastra tidak dibagikan dengan jumlah yang sama kepada masyarakat. “Tapi, bantuan ini harus benar-benar diterima warga miskin,” tegasnya.

Selain Bansos Rastra untuk 28.282 KPM, lanjut Bupati, dalam upaya menunrunkan angka kemiskinan, Pemkab Aceh Besar di bawah pimpinannya bersama Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab memiliki program Aceh Besar sejahtera (Proabes). Dikatakan, dalam program ini sudah disingkronisasikan dengan berbagai kegiatan penanggulangan kemiskinan.

Kepala Divisi Regional Bulog Aceh, Basirun menyatakan, beras yang disalurkan itu merupakan beras lokal sehingga mutunya akan jauh lebih baik dibanding beras luar daerah. Untuk Baitussalam, sebutnya, beras yang disalurkan sebantak 8.670 ton.

Kadis Sosial Aceh Besar, Jakfar SP, menjelaskan, program Bansos Rastra bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan terutama beras sebagai kebutuhan pokok dan dapat memberikan dampak positif.

“Program ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, meningkatan akses pangan baik secara fisik maupun secara ekonomi, dan stabilisasi harga beras di masyarakat,” ungkap Jakfar.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help