Musda KNPI Aceh Singkil Deadlock

Musyawarah daerah (Musda) ke-V DPD II KNPI Aceh Singkil, deadlock. Peserta musda yang diselenggarakan di Aula Desa Gosong

Musda KNPI Aceh Singkil Deadlock
IST

SINGKIL-Musyawarah daerah (Musda) ke-V DPD II KNPI Aceh Singkil, deadlock. Peserta musda yang diselenggarakan di Aula Desa Gosong Telaga, Singkil Utara tersebut, memilih meninggalkan ruang acara, Selasa (30/1) malam.

Berdasarkan informasi, permasalahan itu bermula ketika Setering Comite (SC) melakukan verifikasi peserta yang memiliki hak suara. Mulai dari pengurus kecamatan (PK) hingga organisasi kepemudaan (OKP). Ternyata tidak semua peserta satu kata, mana saja yang berhak memiliki suara.

Permasalahan itu memicu perdebatan panjang lebar. Bahkan, cenderung memanas. Lantaran tidak ada titik temu sebagian peserta memilih walk out dari rungan. Atas kejadian itu pihak panitia berupaya membujuk peserta yang ke luar untuk kembali melanjutkan musyawarah. Sayang tidak membuahkan hasil.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Musda KNPI Aceh Singkil, Afriadi, mengatakan, lantaran musyawarah gagal, kepengurusan KNPI Aceh Singkil, diambil alih provinsi. “Permasalahannya dimulai saat verifikasi PK dan OKP. Lantaran deadlock diambil alih provisi sebagai karateker. Selanjutnya karateker akan menggelar musda lagi, tapi jadwalnya belum tahu,” ujar Afriadi.

Gagalnya Musda tersebut menyebabkan pembentukan pengurus DPD II KNPI Aceh Singkil periode 2018-2021 tidak terwujud. Padahal, Musda sudah berlangsung dua hari hingga larut malam.

Sementara itu, informasi lain menyebutkan pemicu utama musda gagal terkait penetapkan lima Pengurus Kecamatan (PK) sebagai peserta. Masing-masing PK Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat, Singkil, Singkil Utara, dan Kuala Baru. Peserta menolak itu lantaran kelima PK tersebut belum memiliki SK dari DPD II sebagaimana diatur dalam AD/ART organisasi.

Dari situlah muncul perdebatan hingga merembet kemana-mana, termasuk keabsahan OKP lain yang berhak memberikan suara.(de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved