Tafakur

Penelitian

Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri

Penelitian

Oleh: Jarjani Usman

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri; maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (QS. adz-Dzariyat: 20-21).

Sangat sering melalui ayat Alquran, kita manusia diajak untuk memperhatikan, memikirkan dan meneliti tanda-tanda kekuasaan Allah. Termasuk pada kejadian gerhana bulan. Ini menunjukkan bahwa ilmu itu tidak statis, tetapi terus berkembang dan perlu dikembangkan. Bahkan, melakukan penelitian termasuk usaha yang berpahala.

Apalagi sangat banyak misteri dan ilmu pengetahuan yang bisa digali di langit dan di bumi, yang sangat bermanfaat untuk manusia. Ilmu Allah sangat luas dan bahkan tak terhingga, yang tak akan pernah habis digali oleh manusia sampai kapan pun. Bahkan disebutkan dalam Alquran bahwa seandainya lautan dijadikan tinta untuk menulis ilmu Allah, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai menulisnya, meskipun didatangkan tinta tambahan sebanyak itu lagi (QS. Al-Kahf: 109).

Rasulullah SAW mengibaratkan ilmu semua manusia dengan ilmu Allah ibarat setetes air dari banyak lautan (HR. Muslim).

Namun demikian, tak sedikit yang sombong dengan ilmunya. Bahkan ada yang telah meneliti tanda-tanda kekuasaan Allah, memperoleh ilmu serta memanfaatkannya, tetapi masih ingkar kepada Allah.

Tentunya tidak demikian bagi orang yang benar-benar beriman. Semakin banyak dan jauh meneliti, semakin terbuka cakrawalanya, semakin tinggi ilmu, dan bertambah-tambah keimanannya kepada Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help