5 Februari, Unsyiah Pilih Rektor

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan memilih rektor baru pada hari Senin, 5 Februari 2018, pukul 10.00 WIB di Ruang Balai Senat Unsyiah

5 Februari, Unsyiah Pilih Rektor
Rektor Unsyiah Banda Aceh, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dan RCEO Mandiri Region I Sumatera I, HR Parlindungan Hutahaean menandatangani kerja sama layanan perbankan bagi pegawai dilingkungan Unsyiah, di Biro Senat Rektor Unsyiah, Banda Aceh, Kamis (3/8/2017). Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Executive Vice President Government and Institutional I Group, Mohammad Arifin Firdaus dan Vice President Mandiri Area Banda Aceh, Yusran Very. SERAMBI/MAWADDATUL HUSNA 

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan memilih rektor baru pada hari Senin, 5 Februari 2018, pukul 10.00 WIB di Ruang Balai Senat Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.

Kepastian ini diperoleh dengan keluarnya surat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Nomor 474/A.A2/RHS/KP/2018 tertanggal 1 Februari 2018.

Surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Naim itu sekaligus memastikan bahwa proses penelusuran rekam jejak calon rektor telah selesai dilaksanakan.

Surat dari Kemenristekdikti sebelumnya bernomor 36/A.A2/RHS/KP/2018 menyebutkan bahwa pemilihan rektor baru dilaksanakan setelah proses penelusuran rekam jejak (track record) calon rektor diselesaikan.

Sekretaris Senat Unsyiah, Prof Dr Marwan MSi yang dihubungi Serambi kemarin sore mengatakan bahwa rektor terpilih kali ini akan memimpin Unsyiah untuk masa bakti 2018-2022. Pemilihan akan dilakukan oleh seluruh anggota Senat Unsyiah serta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir PhD, Ak.

Sebanyak 65 persen suara akan berasal dari Senat Unsyiah, sedangkan 35 persen lainnya merupakan suara dari Menristekdikti.

Sebelumnya, Senat Unsyiah telah menetapkan tiga nama sebagai calon rektor yang akan dipilih pada Senin nanti. Ketiga calon rektor itu ditetapkan oleh senat dalam tahapan penjaringan seusai penyampaian visi misi bakal calon rektor di Balai Senat Unsyiah, Senin (11/12). Mereka adalah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng (Fakultas Teknik), Dr nat tech Syafruddin SP MP (Fakultas Pertanian), dan Dr dr Syahrul SpS- (K) (Fakultas Kedokteran). Ketiga calon itu ditetapkan setelah dipilih oleh tim senat dalam tahapan penjaringan calon.

Pada proses penjaringan tersebut, Prof Samsul Rizal yang sedang menjabat Unsyiah'>Rektor Unsyiah meraih dukungan terbesar, 51 suara, Dr Syahrul memperoleh 24 suara, dan Dr Syafruddin 2 suara. Sementara calon lainnya, yaitu Dr Muhammad Adam tereliminasi pada tahap penjaringan itu.

Unsyiah mengalami perkembangan pesat selama sepuluh tahun terakhir. Salah satu pencapaian prestisius universitas ini adalah nilai akreditasi institusi yang melompat jauh dari nilai C ke nilai A. Akhir tahun lalu, Unsyiah meraih peringkat I keterbukaan informasi publik kategori perguruan tinggi se-Aceh. Baru-baru ini, Unsyiah juga didapuk menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia oleh Webometrics.

Saat ini, Unsyiah sedang berproses untuk segera berubah status menjadi Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). (dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help