Irwandi: Ini Hasil Lawatan Saya ke Turki

GUBERNUR Aceh, Irwandi Yusuf dalam pertemuan itu mengatakan akan segera berjumpa dengan Menteri ESDM

Irwandi: Ini Hasil  Lawatan Saya ke Turki
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Wakil Perdana Menteri (PM) Turki, Fikri Isik menyampaikan ceramah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, usai shalat Jumat, Jumat (13/10/2017). 

GUBERNUR Aceh, Irwandi Yusuf dalam pertemuan itu mengatakan akan segera berjumpa dengan Menteri ESDM untuk mempercepat prosesperizinan proyek Geothermal di Gunong Geurudong. “Jika semuanya sudah clear, maka akan segera kita laksanakan (survei lokasi eksplorasi),” ujar Irwandi memberi kepastian kepada pimpinan perusahaan Turki tersebut.

Pengarapan proyek Geothermal, kata Irwandi, akan dilakukan dengan mengikutsertakan perusahaan lokal. Menurut Irwandi, keberhasilan proyek tersebut juga akan membuka peluang pekerjaan kepada masyarakat Aceh. “Kita sangat optimis proyek ini akan berhasil, karena itu kita minta dukungan dari semua pihak agar apa yang sudah kita rencanakan berjalan lancar,” katanya.

Selain itu, Irwandi juga menjelaskan bahwa proyek Geothermal merupakan proyek paling ramah lingkungan. “Nggak ada kerusakan hutan di sana, yang paling hemat hutan itulah geothermal. Dia cuma ngambil dari bawah tanah pakai pipa atau kalau tidak ada kilang disitu bisa dialirkan ke luar hutan, cuma perlu pipa bawah tanah saja,” ujarnya.

Irwandi juga menyampaikan bahwa banyak perusahaan Turki yang ingin berinvestasi di Aceh. Salah satu perusahaan Turki lainnya yang ingin berinvestasi di Aceh, kata Irwandi, yaitu Aksa Enerji Uretim AS dan sudah melakukan MoU dengan Pemerintah Aceh untuk menggarap proyek pembangkit listrik tenaga gas bumi di Aceh.

Di akhir pertemuan, Irwandi menyampaikan bahwa komitmen tersebut merupakan capaian yang diraih dari lawatannya ke Turki pada 22 September lalu. “Ini hasil follow up dari kunjungan ke Turki pada 22 September lalu. Dimanapun ada investor yang ingin ke Aceh saya jumpa. Saya himbau kepada haters, yang membenci saya, jaga mulutnya, toh mereka juga bisa bekerja nanti,” tutup Irwandi.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help