Proyek Geothermal di Geurudong akan Digarap

Chairman Perusahan Hitay Holding AS Turki, Mehmet Emin Hitay, mengatakan pihaknya akan segera menggarap proyek Geothermal

Proyek Geothermal di  Geurudong akan Digarap
SERAMBI/MASRIZAL
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menerima kunjungan Chairman Perusahan Hitay Holding AS Turki, Mehmet Emin Hitay di ruang kerjanya, Jumat (2/2). Pimpinan perusahaan asal Turki ini datang ke Aceh untuk menindaklanjuti rencana investasi proyek geothermal di Gunong Geurudong yang berada di kawasan pegunungan Aceh Utara, Bener Meriah dan Aceh Tengah. SERAMBI/MASRIZAL 

BANDA ACEH - Chairman Perusahan Hitay Holding AS Turki, Mehmet Emin Hitay, mengatakan pihaknya akan segera menggarap proyek Geothermal di Gunong Geurudong. Agar keinginan tersebut terwujud, dia minta bantu Pemerintah Aceh mengurus izin dari Kementerian ESDM dan proses Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPE), sehingga survei lokasi eksplorasi bisa segera dilakukan.

“Investasi proyek Geothermal ini akan segera kita lakukan tahun ini jika sudah mendapatkan izin dari Kementerian ESDM,” kata Mehmet dalam pertemuannya dengan Gubernur Irwandi Yusuf dan SKPA terkait di ruang rapat Gubernur Aceh, Jumat (2/02). Mehmet mengatakan, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU antara Pemerintah Aceh dengan Perusahaan Hitay beberapa waktu lalu di Turki.

Menurut Mehmet, Gunong Geurudong di kawasan pegunungan Aceh Utara, Bener Meriah, dan Aceh Tengah itu memiliki potensi Geothermal sangat besar. Potensi energi di sana diperkirakan mencapai 220 megawat. Untuk tahap pertama, lanjut dia, perusahan Hitay akan mengembangkan energi Geothermal sebesar 110 megawat dan tahap kedua 110 megawat.

Untuk itu, Mahmet meminta Pemerintah Aceh membantu dalam proses perizinan dengan Kementerian ESDM sehingga pada Februari ini pihaknya bisa segera melakukan survei. “Kita sangat berharap kerjasama ini berjalan, apalagi Aceh dan Turki memiliki hubungan yang sangat erat. Jika ini berhasil tentu akan membantu Aceh dan akan lebih banyak lagi investor berinvestasi di Aceh,” kata Mahmet.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan, Iskandar A Gani, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Ir Iskandar MSc, Kepala Dinas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Aceh, Saminuddin, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Akmal Husen, Kepala Biro Ekonomi Aceh, M Rodhi dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Mulyadi Nurdin.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved