OTT Bupati Jombang, KPK Sita Rp 25 Juta dan 9.500 Dollar AS

Selain itu, Inna juga membantu penerbitan izin operasional sebuah rumah sakit swasta di Jombang dan meminta pungli izin.

OTT Bupati Jombang, KPK Sita Rp 25 Juta dan 9.500 Dollar AS
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sebesar Rp 25 juta dan USD 9.500 saat menggelar operasi tangkap tangan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko pada Sabtu (4/2/2018). KPK menangkap Nyono di Stasiun Balapan, Solo pada Sabtu (3/2/2018) yang saat itu hendak menuju Jombang.(KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO) 

SERAMBINEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sebesar Rp 25 juta dan 9.500 dollar AS saat menggelar operasi tangkap tangan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko pada Sabtu (4/2/2018).

KPK menangkap Nyono di Stasiun Balapan, Solo saat hendak menuju Jombang.

"Dari tangan NSW (Nyono) didapatkan uang tunai sebesar Rp 25 juta. Selain itu didapatkan juga uang pecahan Dollar Amerika sebesar USD 9.500," ujar Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief saat memberikan keterangan pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/2/2018).

Baca: Praveen/Melati Raih Podium Pertama di India Open 2018, Marcus/Kevin Main Sebentar Lagi

Uang yang disita KPK tersebut, lanjut Laode, diduga berasal dari uang suap yang diberikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Inna Silestyanti.

Laode menuturkan, suap tersebut diberikan oleh Inna agar Nyono, selaku bupati, menetapkan Inna sebagai Kepala Dinas Kesehatan definitif.

Total suap yang diberikan kepada Nyono berjumlah Rp 275 juta.

"Diduga pemberian uang dari IS ke NSW agar bupati menetapkannya sebagai kepala Dinas Kesehatan, karena dia (Inna) masih Plt," tuturnya.

Baca: LIVE STREAMING Sriwijaya FC Vs Arema FC, Piala Presiden 2018 di Indosiar Pukul 19.30 WIB

Uang yang diberikan kepada Nyono, lanjut Laode, berasal dari kutipan jasa pelayanan kesehatan atau dana kapitasi dari 34 puskesmas di Jombang. Dana tersebut telah dikumpulkan oleh inna sejak Juni 2017.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help