Kerap Dikaitkan dengan Simbol Seks, Ini Penjelasan Bahwa Cleopatra adalah Sosok yang Cerdas

Semisal dalam film All for Love, John Dryden hanya menggambarkan sepintas saja peran Cleopatra sebagai ratu Mesir secara tradisional,

Kerap Dikaitkan dengan Simbol Seks, Ini Penjelasan Bahwa Cleopatra adalah Sosok yang Cerdas
Ilvira Nasreddinova
Ilustrasi Celopatra 

SERAMBINEWS.COM - Namanya selalu dikaitkan dengan aroma wewangian, pesona kecantikan wanita dan simbol seks peradaban manusia.

Tapi tahukah Anda kalau ternyata Cleopatra adalah kepala negara yang tegar, penulis buku andal, serta fasih bicara dalam tujuh bahasa?

Mendengar nama Cleopatra, bayangan yang ada di kepala banyak orang agaknya masih sama. Wanita cantik mempesona yang menyukai kehidupan glamor sarat pesta.

Meski yang tersisa hanya legenda, sosok ini nyatanya terus mendunia lewat beragam inkarnasinya yang lahir dari tangan-tangan  terampil Hollywood.

Sejak zaman film bisu sampai generasi sekarang, Cleopatra seakan "muncul" silih berganti dalam sosok Dewi Amor dengan berbagai nuansa.

Baca: Wartawan Hanya Bisa Memantau di Luar Ruko Asun Saat Proses Rekonstruksi

Yang paling sering tercermin, baik di panggung opera maupun di layar perak, adalah sosok Cleo yang kehidupannya penuh kemewahan dan pesta pora beraroma birahi seperti dimainkan oleh Theda Bara (Cleopatra, 1917), kemudian Claudette Colbert (Cleopatra, Cecil B. DeMille, 1934) atau Vivien Leigh (Caesar and Cleopatra, 1946) karya George Bernard Shaw.

Bahkan, Cleopatra yang sensual bak boneka seks nyaris tergambar sempurna dalam diri Elizabeth Taylor (Anthony and Cleopatra, 1963).

Memang, tampilan sosok Cleopatra tidak bisa dilepaskan dari kepentingan sekaligus kejujuran para pembuatnya. Kalau diperhatikan dengan saksama, citra wanita cantik ini tampak sengaja dipermainkan, atau lebih tepatnya, dicabik bagian demi bagian untuk kepentingan sesaat.

Semisal dalam film All for Love, John Dryden hanya menggambarkan sepintas saja peran Cleopatra sebagai ratu Mesir secara tradisional, sementara peran tambahannya justru lebih banyak.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved