Droe Keu Droe

Molornya Pengesahan APBA 2018, Aspirasi Politik Dewan Kritis

BUKAN Aceh namanya jika APBA disahkan tepat waktu, karena sifat tes mental itu sudah menyatu bagi

Molornya Pengesahan APBA 2018, Aspirasi Politik Dewan Kritis

BUKAN Aceh namanya jika APBA disahkan tepat waktu, karena sifat tes mental itu sudah menyatu bagi Aceh. Terlepas dari segala permasalahannya terhadap molornya pengesahan APBA, menurut hemat saya bahwa efek dari molor tersebut tidak berakibat langsung kepada masyarakat Aceh, seperti belakangan ini muncul beberapa pendapat dari kalangan ahli perekonomian.

Bahkan dewan pun sempat mengeluarkan pernyataan bahwa molornya pengesahan APBA berakibat menderitanya masyarakat Aceh, karena sebagian dari dana APBA tersebut adanya dana aspirasi dewan yang diperuntukkan untuk masyarakat secara langsung. Artinya masyarakat mengajukan permohonan bantuan melalui dewan.

Menurut hemat saya, pengajuan tersebut tidak berefek merugikan rakyat Aceh akibat molornya pengesahan APBA. Karena terkait pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat saat ini lebih bergantung pada dana desa.

Menurut amatan saya dalam beberapa hari ini, molornya pengesahan APBA dapat mengakibatkan kritisnya aspirasi politik dewan dan bisa berefek negatif untuk Pemilu Legislatif 2019 mendatang, akibat tidak kunjung datang aspirasi politik untuk masyarakat.

Dari sisi lain, saya berharap supaya anggota dewan tidak usah main tantang-menantang, karena sejarah membuktikan bahwa tantang-menantang yang pernah dilakukan sebagian anggota dewan pada akhirnya hanya omong kosong doang. Tidak menepati janji dari perkataannya itu. Demikian!

Muksalmina Mta
Pengamat hukum dan politik. Email: muksalmina.mta@live.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help