Perajin Keumamah dan Bordir Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Sebanyak 118 perajin ikan keumamah dan bordir di Banda Aceh mengikuti pelatihan kewirausahaan dan manajemen

Perajin Keumamah dan Bordir Ikuti Pelatihan Kewirausahaan
Pedagang ikan kayu (keumamah) dan souvenir Aceh, Fauziah berjualan di toko miliknya di depan wisata boat di atas atap rumah di Lampulo, Banda Aceh, Rabu (17/3). SERAMBI/ NURUL HAYATI 

BANDA ACEH - Sebanyak 118 perajin ikan keumamah dan bordir di Banda Aceh mengikuti pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha, di Aula Gedung Rumoh PMI, Banda Aceh, Selasa (6/2). Pelatihan yang diinisiasi oleh Bank BRI dengan program BRI Peduli Bangga Berindonesia dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh ini dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM.

Aminullah dalam sambutannya saat acara ini mengatakan melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat mencetak para perajin atau pengusaha ikan keumamah dan bordir yang mumpuni, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

“Dengan adanya geliat para wirausahawan perajin ikan keumamah dan bordir ini dapat meningkatkan potensi pariwisata di Banda Aceh. Dimana kedua bidang usaha ini dapat menjadi lahan bagi tumbuhnya sektor wisata kuliner dan souvenir,” ujarnya.

Dikatakan, para pelaku usaha harus terus memperbaharui pengetahuan dan wawasannya, terutama terkait dengan pengemasan, pemasaran, dan strategi lainnya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Misalnya dengan mulai terjun melalui pasar perdagangan online (e-commerce).

Di Gampong Lampulo, Banda Aceh saat ini sudah ada beberapa kelompok usaha industri rumah tangga satu di antaranya usaha ikan keumamah sepuluh kelompok. Sementara di Gampong Lambaro Skep juga sudah berdiri beberapa kelompok usaha industri rumah tangga satu diantaranya kelompok usaha perajin bordir sebanyak sembilan kelompok.

Dalam kesempatan tersebut pihak BRI juga menyerahkan secara simbolis bantuan berupa sejumlah uang kepada masing-masing Gampong Lampulo dan Lambaro Skep yang diterima oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Banda Aceh, Rizal Junaedi SE. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved