Dari Setya Novanto, Megawati, Hingga Prabowo Jadi Politisi yang Paling Sering Diberitakan Media

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, mengatakan, pilkada pada level provinsi menjadi salah satu tema politik

Dari Setya Novanto, Megawati, Hingga Prabowo Jadi Politisi yang Paling Sering Diberitakan Media
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Tersangka kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seusai menjalani pemeriksaan di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2017). Kedatangan Setya Novanto ke KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP. 

SERAMBINEWS.COM - Tahun 2018 merupakan tahun politik bagi Indonesia. Di tahun ini, sebanyak 171 daerah di Tanah Air akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, mengatakan,  pilkada pada level provinsi menjadi salah satu tema politik yang menjadi magnet bagi media.

"Proses politik yang mengiringinya kerap menjadi sorotan media. Sebagai sebuah peristiwa politik, perbincangan tentang Pilkada di media sulit dipisahkan dari posisi tokoh politik," ujar Rustika, Kamis (8/2/2018).

I2 merilis nama-nama politisi terpegah (yang paling banyak diberitakan media) dan tervokal (paling banyak dikutip media). Nama-nama ini diambil dari seluruh pemberitaan media online di Indonesia sepanjang Januari 2018, yang berjumlah 729.710 berita dari 1.123 media online.

"Tokoh politik atau politisi di dalam kategori ini adalah politisi, baik yang menjadi legislator di Senayan maupun menjabat sebagai pimpinan parpol," ungkap Rustika.

Baca: Mengenal Sosok Briptu AR, Penembak Pengawal Prabowo yang Sempat Cekcok di Klub Malam!

Sedangkan, politisi yang berada di posisi eksekutif, seperti Presiden, Wakil Presiden, menteri, gubernur, tidak termasuk dalam kategori dalam riset ini, karena pemberitaan terhadap mereka lebih banyak dihubungkan dengan posisinya sebagai pejabat negara.

10 Politisi Terpegah

Menurut Rustika, Setya Novanto tampil di posisi puncak sebagai politisi yang paling banyak diberitakan media sepanjang Januari. Terdapat 10.554 berita dari 463 media online memberitakan politisi Golkar yang kini sedang menjalani proses hukum di Pengadilan Tipikor.

Framing utama media terhadap Setnov, lebih banyak berhubungan dengan perkembangan kasus yang membelitnya, selain pada isu kandidat yang telah ditetapkan pada masa kepemimpinan Setya Novanto.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help