SerambiIndonesia/

Tafakur

Pemusnah Pahala

Siapapun akan merasa sangat sedih saat menyaksikan hartanya yang telah dikumpulkan dengan susah payah

Pemusnah Pahala

Oleh Jarjani Usman

“Hindarilah dengki karena dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar” (HR. Abu Daud).

Siapapun akan merasa sangat sedih saat menyaksikan hartanya yang telah dikumpulkan dengan susah payah bertahun- tahun, musnah dalam waktu sekejap. Seperti akibat kebakaran. Sebenarnya bukan hanya harta duniawi, harta untuk dibawa ke akhirat juga bisa musnah. Harta untuk kehidupan akhirat berupa pahala yang telah dikumpulkan bertahun-tahun, bisa habis total dan bahkan menjadi minus.

Musnahnya pahala disebabkan oleh perbuatan yang dilakukan sendiri. Dengki atau iri hati kepada orang lain karena kelebihan yang mereka peroleh adalah di antaranya. Seseorang pendengki berharap apa yang diperoleh orang lain berpindah kepadanya.

Karena dengki bersifat personal, setiap diri kita harus berusaha untuk menghindarinya. Itu memang tak mudah, apalagi bagi hati yang terbiasa mendengki. Namun demikian, sangat penting dilakukan demi menyelamatkan diri. Di antaranya, perlu menyibukkan diri dengan hal-hal yang menghasilkan kebaikan dan berteman dengan orang-orang yang mengajak kepada kebaikan.

Semoga kita tidak menjadi orang yang rugi karena memelihara rasa dengki di dalam hati. Pada saat sebahagian orang berlomba mengumpulkan pahala dalam hidup di dunia yang singkat ini, kita malah menghancurkan pahalanya sendiri yang telah dikumpulkan.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help