Pemilu 2019

KIP Aceh: Satu Provinsi Saja tidak Memenuhi Syarat, Parpol Dinyatakan Gugur Secara Nasional

Rekapitulasi yang dilakukan hari ini, merupakan kegiatan penting untuk menentukan nasib partai politik di Aceh, baik nasional maupun lokal.

KIP Aceh: Satu Provinsi Saja tidak Memenuhi Syarat, Parpol Dinyatakan Gugur Secara Nasional
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Komisioner KIP Aceh membuka rapat pleno hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Minggu (11/2/2018). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM. BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Minggu (11/2/2018) hari ini, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Rapat pleno tersebut digelar di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh. Amatan Serambinews.com, rapat itu dibuka oleh Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi bersama Komisioner KIP Aceh lainnya.

Rapat pleno dihadiri oleh sejumlah komisioner KIP 23 kabupaten/kota. Perwakilan partai politik nasional dan partai politik lokal juga turut hadir.

(Baca: Jelang Pemilu, Parpol Diingatkan Selektif Rekrut Caleg dan Pastikan Dokumen Persyaratan tidak Palsu)

Komisioner KIP Aceh, Junaidi SAg MH mengatakan, rekapitulasi yang dilakukan hari ini, merupakan kegiatan penting untuk menentukan nasib partai politik di Aceh, baik nasional maupun lokal.

Lolos tidaknya partai politik sebagai peserta Pemilu 2019 akan ditetapkan KPU RI pada 18 Februari mendatang. Namun rekapitulasi yang dilakukan hari ini, cukup berpengaruh bagi semua partai politik.

"Jika ada parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat di satu provinsi saja, maka partai tersebut akan dinyatakan gugur secara nasional nanti saat rekapitulasi KPU RI," sebut Junaidi.

(Baca: Kader Gerindra Tunggu Kesediaan Prabowo Maju Pilpres 2019)

Jika dinyatakan gugur, maka partai politik dimaksud tidak akan menjadi peserta Pemilu 2019.

"Jika tidak lolos masih diberi kesempatan untuk mengajukan sengketa ke PTUN atau Bawaslu setelah penetapan partai politik peserta Pemilu 2019, di atas 18 Februari nanti," pungkasnya.(*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help