Dua Lifter Aceh Dulang Emas

Dua lifter terbaik Aceh, Nurul Akmal dan Surahmat bin Suwoto sukses mendulang dua emas dalam test event Asian Games 2018

Dua Lifter Aceh Dulang Emas
LIFTER Indonesia, Nurul Akmal melakukan angkatan snatch pada nomor angkat besi putri +75 kg 18th Asian Games Invitation Tournament di JiExpo, Jakarta, Senin (12/2). 

* Test Event Asian Games

JAKARTA - Dua lifter terbaik Aceh, Nurul Akmal dan Surahmat bin Suwoto sukses mendulang dua emas dalam test event Asian Games 2018 cabang angkat besi, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bagi Nurul Akmal, keberhasilan ini sebagai kado ulang tahun. Tepat pada hari ulang tahunnya, Senin (12/2), Nurul berhasil mencapai total angkatan 250 kg dengan rincian snatch 108 kg, dan clean and jerk sebesar 142 kg.

Ia mengungguli lifter asal Malaysia, Siti Aisyah Md Rosli yang mencatatkan total angkatan 199 kg (snatch 88 kg, clean and jerk 116 kg). “Terima kasih atas semua dukungannya, sehingga saya bisa memberikan yang terbaik dalam ajang test event ini. Apalagi hari ini saya tepat berusia 24 tahun,” tuturnya usai perlombaan.

Performa Nurul terbilang impresif. Dari seluruh angkatan snatch dan clean and jerk, ia tak mengalami kegagalan. Angkatan Nurul kali ini melebihi total angkatan yang pernah ia torehkan pada Islamic Solidarity Games 2017 di Baku, Azerbaijan (230 kg)

Sementara itu, Siti Aisyah dua kali gagal pada angkatan snatch (angkatan ke-2 dan ke-3), serta sekali gagal pada clean and jerk (angkatan ke-3). Test event cabang angkat besi ini diikuti enam negara yakni tuan rumah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi.

Sukses Amel–sapaan akrab Nurul Akmal juga diikuti lifter putra terbaik Tanah Rencong, Surahmat. Tampil sebagai satu-satunya peserta di nomor 56 kg, Surahmat tercatat mengumpulkan total angkatan 259 kg dengan rincian 117 kg snatch dan 142 kg clean & jerk.

Ketua Pengprov PABBSI Aceh, HT Rayuan Sukma menyambut baik atas keberhasilan dua lifternya setelah berjaya dalam tes event cabang angkat besi. “Keberhasilan anak-anak kita telah membawa tim Indonesia tampil sebagai juara umum. Ini tentu sangat membahagiakan Aceh,” ungkap mantan Kadispora Aceh.

Rayuan Sukma menilai, semenjak berada di Pelatnas kemampuan Nurul Akmal semakin menanjak. Saat ini, Nurul Akmal telah meninggalkan jauh saingan terdekatnya, Riska Anjani dari Jawa Barat. “Mudah-mudahan saja di Asian Games nanti, Nurul Akmal dan Surahmat akan mampu untuk kembali mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia,” harap mantan Ketua Umum Pertina Aceh itu.

Pelatih PABBSI Aceh, Effendi Eria mengatakan, mulai Maret mendatang, Nurul Akmal dan Surahmat akan ikut Training Camp (TC) selama sebulan di Jepang, dan Korea. Setelah dari dua negara di Asia Timur tersebut, Nurul Akmal dan Surahmat akan melanjutkan latihan di Benua Eropa.(*/ran)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved