SerambiIndonesia/

KIP Tetapkan Paslon Bupati

Komisi Independen Pemilihan (KIP) di tiga kabupaten/kota, Senin (12/2) kemarin, menetapkan pasangan calon

KIP Tetapkan Paslon Bupati
net
Ilustrasi

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) di tiga kabupaten/kota, Senin (12/2) kemarin, menetapkan pasangan calon bupati/wakil bupati atau wali kota/wakil wali kota untuk pilkada tahun 2018 ini. Dijadwalkan hari ini dilakukan penarikan nomor urut pasangan calon di kantor KIP masing-masing daerah.

Dari Subulussalam dilaporkan, KIP setempat menetapkan lima pasangan calon (paslon) wali kota/wakil wali kota Subulussalam periode 2019-2024 dalam rapat pleno terbuka, Senin (12/2), di Aula Kantor KIP setempat. Kelima paslon yang ditetapkan itu, empat merupakan usungan partai politik dan satu dari jalur perseorangan atau independen.

Rapat pleno dihadiri semua calon kecuali Ustaz Sabaruddin yang merupakan wakil Anasri Sambo alias Ogek Anas yang berhalangan. Pleno dibuka Ketua KIP Subulussalam Syarkawi Nur didampingi empat koleganya Sumardi Pasaribu, Irwanto Harahap, Alamin Capah dan Heri Muliadi serta sekretaris KIP Subulussalam Asmardin.

Penetapan diawali dengan pembacaan sejumlah persyaratan yang telah dilengkapi para calon wali kota/wakil wali kota. Menurut Syarkawi dan Sumardi Pasaribu, setelah pemeriksaan seluruh berkas pasangan bakal calon (balon), semuanya memenuhi persyaratan untuk maju dalam bursa pilkada 27 Juni mendatang.

Persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain fotocopy blanko pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit dari pengadilan niaga, serta surat pernyataan tidak pernah menjabat sebagai bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota selama dua kali masa jabatan.

Penetapan calon wali kota/wakil wali Kota Subulussalam dikawal ketat oleh aparat kepolisian dan sejumlah brimob dengan senjata lengkap. Sejumlah unsur muspida hadir dalam acara tersebut seperti Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Milyardin, Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Kav Kapti, Ketua Pengadilan Negeri Singkil, Wakil Ketua MPU Subulussalam, Ustaz Maksum LS Asmiadi Ujung dan Masrianto Saraan, Ketua dan anggota Panwaslih Subulussalam.

Rapat pleno penetapan hasil penilaian kelengkapan persyaratan administrasi ini dihadiri semua komisioner KIP. Sementara hari ini dijadwalkan penentuan nomor urut pasangan calon, selanjutnya penyampaian visi-misi.

Sementara di Aceh Selatan, KIP setempat menetapkan tujuh pasangan calon. Adapun ketujuh Paslon yang ditetapkan itu yakni, Pasangan H Mirwan MS SE – Zirhan SP (Mirah) diusung Partai Aceh, PKPI dan PBB, Pasangan HT Sama Indra SH – Drs H Harmaini M.Si (Putih) diusung Demokrat, PAN, PPP, Nasdem, Golkar dan Pasangan H Azwir S.Sos – Tgk Amran (Azam) yang diusungan Partai Hanura, PKB, PDI-P dan PNA.

Sedangkan Pasangan dari jalur Perseorangan (Independen) yang ditetapkam sebagai peserta Pilkada Aceh Selatan 2018 ini masing-masing H Karman BA SE – Afdhal Yasin (O-Kay), Husen Yusuf S.Pd.I – Dr Mustafril M.Si (Humus), Darman SP, MM – Baital Makmur (Damba) dan Drs Zulkarnaini M.Si – M Jasa (Zul-Jas).

Rapat Pleno itu dipimpin langsung oleh Ketua KIP Aceh Selatan Khairunis Absyir ST didampingi komisioner lainnya Syamsuhardi SP, Edi Sahputra, Saiful Bismi SH, Nasri Zahnoeri dan turut dihadiri Kapolres AKBP Dedy Sadsono ST, Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Kav Hary Mulyanto dan Komisioner Panwaslih Gunawan Syam SH.

Pantauan Serambi, rapat pleno KIP Aceh Selatan tersebut tidak dihadiri kandidat, masing-masing calon. Mereka hanya mengirim perwakilannya seperti Paslon Azam diwakili oleh Siska Elviadi Rajo Evi SH, pasangan Putih diwakili Muhammad Basir, pasangan O-Kay diwakili Firman, pasangan Humus diwakili Ismail US, pasangan Zul-Jas, Ihsan dan pasangan Mizan diwakili Khairuman.

Seperti juga kabupaten/kota lainnya, KIP Pijay, Senin (12/2), memplenokan penetapan empat pasangan calon (Paslon) bupati/wakil bupati. “Dari hasil rapat tersebut, keempat Paslon itu memenuhi persyaratan baik dukungan melalui partai politik (Parpol) maupun dari jalur independen,” tutur Ketua KIP Pijay, Musman SH kepada Serambi, Senin (12/2).

Dalam rapat pleno terbuka atau penetapan dan pengumuman pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Pijay 2018, turut dihadiri semua Komisioner KIP, PPK, serta Panwaslu. Paslon Aiyub Abbas dan Said Mulyadi yang didukung/diusung oleh delapan Parpol masing-masing PA, PAN, PPP, PKS, Gerindra, Demokrat, PDI-P, dan PKPI, dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Kemudian, paslon Ir Yusri Yusuf dan Kolonel (Purn) Saifullah didukung/diusung oleh enam Parpol masing-masing NasDem, PNA, PDA, PKB, PBB, dan Golkar dinyatakan memenuhi syarat.

Sementara Paslon dari jalur perseorangan atau independen masing-masing Muhammad Yusuf dan Ir Anwar Ishak, memenuhi 3 persen dari jumlah penduduk (KTP), sehingga dinyatakan memenuhi syarat. Terakhir, Paslon perseorangan atau independen Muhibuddin Husen dan HM Yusuf Ibrahim, yang memenuhi 3 persen dukungan KTP dari jumlah penduduk, juga dinyatakan memenuhi syarat.(c43/lid/tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help