Mualem Maju Lagi

Bursa bakal calon (balon) ketua Partai Aceh (PA) tampaknya cukup menarik

Mualem Maju Lagi
KETUA Tuha Peut Partai Aceh (PA) yang juga Wali Nanggroe, Tgk Malik Mahmud Alhaythar bersama Ketua DPA PA, Muzakir Manaf, Wakil Ketua DPA PA, Abu Razak, Sekjen DPA PA, Mukhlis Basyah, Ketua Panitia Pelaksana, Tgk Muharuddin dan Sekretaris Panitia, Iskandar Usman Al-Farlaky menabuh rapai pase saat membuka acara Musyawarah Besar (Mubes) II Partai Aceh, di Muraya Kyriad Hotel, Banda Aceh, Senin (12/2) malam. 

BANDA ACEH - Bursa bakal calon (balon) ketua Partai Aceh (PA) tampaknya cukup menarik. Pasalnya, sejumlah figur atau tokoh partai itu telah memastikan maju sebagai calon ketua umum Dewan Pimpinan Aceh (DPA PA) periode 2018-2023.

Informasi yang dihimpun Serambi, Senin (12/2), sebanyak tujuh balon telah mendaftar, dan satu orang dinyatakan gugur, yaitu Ir Azhar Abdurrahman karena tidak mengembalikan berkas pendaftaran ke pihak sekretariat Mubes II PA.

Salah satu nama yang mencuat akan maju adalah Muzakir Manaf atau Mualem. Mualem yang masih menjabat sebagai Ketua Umum DPA PA memutuskan maju kembali untuk periode 2018-2023. Bukti keseriusannya, mantan Panglima GAM itu sudah mendaftar dalam bursa bakal calon ketua, Sabtu (10/2) malam.

Sebelumnya, Mualem sendiri mengaku belum mendaftar, bahkan ia memberi kesempatan bagi (kader) yang lain untuk ikut maju sebagai calon Ketua PA. “Tapi saya belum ikut mendaftar, kita lihat saja besok. Kita demokrasi saja, kita buka selebar-lebarnya. Semua kader dipersilakan untuk memimpin di masa depan,” kata Mualem kepada Serambi, Sabtu (10/2), seperti diberitakan dua hari lalu.

Selain Mualem, pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (11/2), dua mantan bupati juga ikut mendaftar yaitu Sarjani Abdullah (mantan bupati Pidie) dan Azhar Abdurrahman (mantan bupati Aceh Jaya).

Dengan demikian, total yang mendaftar sebagai balon ketua PA hingga ditutupnya pendaftaran sebanyak tujuh orang, yaitu Mariati, Roni Ahmad (Abusyik), Yusaini (Abu Yus), Abu Razak, Mualem, Azhar Abdurrahman, dan Sarjani Abdullah.

Namun, saat Serambi mengonfirmasi kemarin, dari tujuh nama itu, hanya Azhar Abdurrahman yang tidak mengembalikan formulir ke panitia mubes.

Terkait Mualem sudah mendaftar, dibenarkan oleh Ketua Pelaksana Mubes II PA, Tgk Muharuddin yang dikonfrimasi Serambi dua hari lalu. Menurut Muhar, Mualem mendaftar pada Sabtu (10/2) malam. “Benar, Mualem sudah mendaftar juga, tadi malam (Sabtu malam-red). Memang suratnya nggak beredar seperti yang lain ya,” kata Muharuddin.

Ia menjelaskan, yang boleh maju sebagai calon ketua umum nantinya, tentu adalah sosok yang selama ini terdaftar sebagai anggota atau pengurus PA. Oleh karena itu, kesemua nama itu akan dicek kelengkapan dokumen dan syaratnya dalam mubes.

“Nanti dalam mubes juga akan disepakati, apakah sistemnya demokrasi apa aklamasi, itu akan diputuskan dalam mubes,” sebut Muharuddin.

Mubes dibuka
Tadi malam, di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh, Musyawarah Besar (Mubes) II PA dibuka oleh Ketua Tuha Peut PA yang juga Wali Nanggroe, Tgk Malik Mahmud Alhaythar. Pembukaan mubes berlangsung lancar, sejumlah kader PA dan Komite Peralihan Aceh (KPA) dari 23 kabupaten/kota di Aceh juga turut hadir ke hotel tempat berlangsungnya pembukaan Mubes II PA.

Sejumlah petinggi PA dan KPA juga hadir mengikuti pembukaan Mubes II PA tadi malam. Di antaranya, Ketua DPA PA Muzakir Manaf atau Mualem, Wakil Ketua DPA PA Abu Razak, Tgk Ni, Sarjani, Darwis Jeunib, Mukhlis Basyah, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Sejumlah ketua dan perwakilan partai nasional (parnas) juga terlihat hadir.

Malik Mahmud dalam sambutan pembukaannya mengatakan, Partai Aceh merupakan partai yang lahir dari perjalanan panjang perjuangan GAM puluhan tahun silam. Oleh karena itu, ia mengajak semua kader PA untuk terus menjaga barisan dalam memperjuangkan hak-hak untuk masyarakat Aceh. “Perjuangan kita berubah menjadi perjuangan politik, ini harus terus kita perjuangkan untuk seluruh masyarakat Aceh,” ujar Malik Mahmud.

Ia juga percaya semua kader PA yang bemusyawarah dapat menentukan ketua yang berintegrasi dan memiliki loyalitas tinggi untuk partai dan masyarakat Aceh. “Insya Allah Partai Aceh akan menjadi partai yang modern, dinamis, dan akan membawa Aceh yang lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Mubes, Tgk Muharuddin menyebutkan, Mubes II PA akan berlangsung hingga hari ini. Agenda mubes dimulai dengan laporan pertanggungjawaban dilanjutkan penyempurnaan AD/ART partai, menentukan arah perjuangan partai, dan pemilihan ketua umum DPA PA yang baru. “Insya Allah mubes ini akan membawa Partai Aceh ke depan semakin baik. Selamat bermusyawarah untuk kita semua,” tandas Muharuddin. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved