SerambiIndonesia/
Home »

Sport

Wagub Minta Masjid Triggandeng Rampung Sebelum Puasa

Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah bersama sejumlah pejabat eselon II Pemerintah Aceh

Wagub Minta Masjid Triggandeng Rampung Sebelum Puasa
WAGUB Nova Iriansyah, melihat pembangunan Masjid Attaqarrub Pijay, pada Kunkernya ke Pijay dan Bireuen, Senin (12/2). Masjid itu dibangun kembali, karena roboh saat gempa bumi Desember 2016 lalu. 

BANDA ACEH - Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah bersama sejumlah pejabat eselon II Pemerintah Aceh, Senin (12/2) meninjau pembangunan kembali pembangunan Masjid Attaqarub, Tringgadeng, Pidie Jaya (Pijay) yang dirobohkan setelah gempa kuat di kawasan itu, Desember 2016. Pada kesempatan itu, Wagub mengingatkan pihak PT Waskita Karya selaku pelaksana pembangunan untuk merampungkan pembangunan masjid itu sebelum Ramadhan, 15 Mei 2018.

Pesan Wagub itu disampaikan Asisten II Setda Aceh, Taqwallah yang ikut dalam rombongan kunjungan kerja tersebut kepada Serambi kemarin. Taqwallah menyebutkan menurut laporan pihak PT Waskita, realisasi pembangunan masjid itu sudah 47 persen dan realisasi keuangan baru sekitar 25 persen. Nova berharap sisa waktu tiga bulan lagi sebelum Ramadhan ini bisa dimanfaatkan pihak Waskita dengan menambah buruh, bahan material, dan jam kerja.

Masjid Attaqarrub yang konstruksi bangunannya banyak retak dan patah akibat gempa Desember 2016, sehingga tak layak pakai lagi dibangun kembali menggunakan APBN Rp 31 miliar. Kini, warga setempat sangat berharap masjid tersebut sudah bisa dimanfaatkan saat Ramadhan nanti. “Kunjungan kami kemari untuk memeriksa pekerjaannya, memantau progres, dan mengevaluasi kemajuan pembangunan pelaksanaan rehab rekon sehubungan akan berakhir masa rehab rekon Gempa Pijay akhir bulan Juni 2018,” kata Taqwallah mengutip pernyataan Nova saat kunjungan itu. 

Selesai mengunjungi lokasi pembangunan Masjid Attaqarrub, Taqwallah menambahkan Wagub dan rombongan menuju RSUD Pijay. Di sana Wagub juga memeriksa berbagai ruangan yang sedang dikerjakan akibat rusak karena gempa Desember 2016. Realisasi fisiknya masih rendah 21,8 persen dan realisasai keuangannya juga rendah, yaitu 17 persen. Sedangkan pagu anggaran rehab rekon untuk RSUD Pijay itu Rp 21 miliar.

Untuk pembangunan gedung yang baru itu, kata Taqwallah, pusat mengalokasi Rp 20 miliar. Realisasi fisiknya baru 37 persen dan realisasi keuangan 25 persen. Selesai dari lokasi STAI Mudi, Wagub dan rombongan bergerak menuju BBI Batee Iliek, lokasi pembibitan ikan milik Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh di Bireuen. Setelah dari BBI Batee Iliek, Wagub dan rombongan kembali ke Pijay melihat pembangunan Meunasah Kutang Pijay dan industri cokelat Scolate, Pijay. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help