SerambiIndonesia/

Kamaruddin Mulai Bertugas di Pijay

Kamaruddin Andalah mulai bertugas sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pidie Jaya (Pijay) terhitung

Kamaruddin Mulai Bertugas di Pijay
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf memberi ucapan selamat kepada Penjabat Sementara Bupati Pidie Jaya, Kamaruddin Andalah usai pengukuhan di Pendopo Gubernur Aceh, Rabu (14/2/2018). Pengukuhan dilakukan selama Bupati/Wakil Bupati Pidie Jaya melakukan cuti di luar tanggung jawab negara dari tanggal 15 Februari hingga 23 Juni 2018. SERAMBI/M ANSHAR 

* Aiyub Abbas Cuti Hingga 23 Juni 2018
* Gubernur Minta Pencairan NHPD Dipercepat

BANDA ACEH - Kamaruddin Andalah mulai bertugas sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pidie Jaya (Pijay) terhitung sejak Kamis (15/2) hari ini, seiring masuknya masa cuti Bupati, Aiyub Abbas yang kembali maju dalam Pilkada 2018.

Kamaruddin yang selama ini menjabat Kepala Badan Kepegawaian Aceh, resmi dikukuhkan oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Rabu (14/2) di Pendopo Gubernur Aceh. Penunjukkan Kamaruddin berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Gubernur Irwandi dalam sambutannya mengatakan, Kamaruddin bukanlah orang baru dalam pemerintahan. “Saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Irwandi menyampaikan beberapa pesan untuk Kamaruddin Andalah. Di antaranya memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan berdasarkan perundang-undangan, memelihara ketentraman masyarakat, serta menjaga netralitas PNS dalam Pilkada.

Khusus terkait Pilkada, Gubernur Irwandi mendorong Kamaruddin untuk melakukan upaya percepatan pencairan dana Pilkada yang sudah dialokasikan dalam APBK Pijay tahun 2018 sesuai dengan NPHD yang telah disepakati antara KIP dengan bupati setempat.

Selain itu, Irwandi juga meminta untuk selalu membangun koordinasi dengan Forkopimda dan menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) selama Pilkada. “Apabila ada ASN yang tidak netral, supaya ditindak secara tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Irwandi.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 ini ada tiga kabupaten/kota di Aceh yang mengikuti Pilkada, yaitu Pijay, Aceh Selatan, dan Subulussalam. Dari tiga daerah tersebut, hanya Pijay yang membutuhkan Pjs karena bupati dan wakil bupati sama-sama menjadi calon.

Sedangkan di Aceh Selatan, hanya HT Sama Indra selaku bupati yang kembali mencalonkan diri. Sementara wakilnya, Kamarsyah tidak mencalonkan diri, sehingga secara otomatis langsung menjadi pelaksana tugas (Plt) bupati sejak HT Sama Indra mengambil cuti kampanye.

Begitu juga di Subulussalam, yang mencalonkan diri dalam Pilkada hanya wakil wali kota, Salmaza. Sedangkan Wali Kota Subulussalam, Meurah Sakti tidak mencalonkan diri karena sudah dua kali menjadi wali kota sehingga tidak perlu ada pergantian.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help