Tafakur

Masih Ada Harapan

Dan tidak ada suatu makhluk bernyawa pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan

Masih Ada Harapan

Oleh: Jarjani Usman

“Dan tidak ada suatu makhluk bernyawa pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Al Lauh Al Mahfuz)” (QS. Huud: 6).

Hidup tak selalu normal. Adakalanya kita mengalami goncangan-goncangan, mulai dari goncangan ringan hingga goncangan dahsyat. Di saat goncangan agak berat datang, seperti akibat kegagalan dalam suatu usaha atau tes, sebahagian orang cenderung merasa putus asa. Seakan-akan hidup akan terhenti hanya karena goncangan tersebut. Padahal tak sepatutnya demikian, apalagi putus asa berdosa dan menyakitkan perasaan.

Apalagi masih banyak harapan lain yang masih berpeluang diraih. Rezeki disediakan untuk setiap makhluk, sehingga membutuhkan kemauan dan kemampuan mencarinya. Jangankan makhluk manusia yang dibekali akal untuk memikirkannya, binatang seperti burung-burung pun diberikan rezeki oleh Allah. Namun tentunya harus berusaha, sebagaimana burung-burung yang berangkat pagi pulang petang.

Bahkan mencari rezeki dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan bisa menambah pengalaman dan menguatkan mental dan fisik. Bukan hanya itu, mencari rezeki dengan cara yang halal bisa memperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah, sejak mulai diniatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga hingga merasakan kelelahan saat bekerja. Pahala yang banyak itu tentunya juga termasuk sesuatu yang diharapkan setiap insan.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help