Pusat Diminta Kembalikan Terminal Batoh

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman SE Ak MM berharap terminal bus tipe A Kota Banda Aceh di Batoh

Pusat Diminta Kembalikan Terminal Batoh
Bus angkutan umum menunggu keberangkatan di Terminal Batoh, Banda Aceh SERAMBI/BUDI FATRIA 

* Untuk Dikelola Pemko Banda Aceh

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman SE Ak MM berharap terminal bus tipe A Kota Banda Aceh di Batoh yang saat ini dikelola Kemenhub RI dikembalikan ke Pemko Banda Aceh. Harapan itu disampaikan Aminullah saat mendampingi Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melakukan kunjungan kerja ke terminal tersebut, Rabu (14/2).

“Kalau pengelolaannya dikembalikan ke Pemko, saya pikir akan mudah dalam pemantauan dan pemeliharaan,” ujar Aminullah disela-sela kunjungan. Dia juga menyarankan agar terminal bus tersebut juga memiliki fasilitas parkir yang lebih luas.

Menurut Wali Kota, parkir yang luas dapat mengakomodasi banyak bus yang membawa wisatawan lokal ke Banda Aceh, dan bisa dipergunakan sebagai tempat penitipan bus wisatawan. “Seperti 500 wisatawan yang datang berzikir ke Banda Aceh beberapa waktu lalu. Mereka datang menggunakan 12 bus besar,” jelasnya.

Wagub Aceh didampingi Wali Kota Banda Aceh turun ke terminal untuk meninjau sejumlah proyek yang dibangun dengan dana APBN. Mereka mengecek sejumlah fasilitas terminal yaitu toilet, pusat informasi, loket, dan lainnya. Turut hadir dalam kunjungan itu Asisten II Setda Aceh Taqwallah, Sekdakota Banda Aceh Ir Bahagia DiplSE, Kadishub Provinsi Aceh Zulkarnain, dan pejabat lainnya. Beberapa fasilitas gedung terminal memang rusak, seperti plafon, lantai, dan toilet yang tidak terurus.

Sebagaimana diketahui, sejak adanya regulasi baru yakni UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, semua terminal tipe A ditarik ke pusat untuk memudahkan pengontrolan, termasuk terminal bus tipe A Kota Banda Aceh, yang sudah dikelola oleh pusat sejak 1 Januari 2017. Begitu pula dengan terminal tipe b yang sebelumnya dikelola kota/kabupaten, ditarik ke provinsi. Namun, dalam praktiknya, ambil alih tanggung jawab ini tidak membuat pengelolaannya lebih baik, setidaknya dari segi perawatan fasilitas. (fit/sak)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help