Tafakur

Azab Merata

Sesungguhnya Allah tidak akan mengazab masyarakat karena perbuatan (mungkar) orang-orang tertentu

Azab Merata

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengazab masyarakat karena perbuatan (mungkar) orang-orang tertentu, hingga masyarakat itu melihat (kemungkaran) itu di hadapannya tetapi tidak mencegahnya walau mereka mampu. Jika mereka berbuat demikian, maka Allah akan mengazab masyarakat secara merata sekaligus orang-orang tertentu itu” (HR. Ahmad & ath-Thabrani)

Kemungkaran tak akan pernah sepi dari kehidupan dunia ini. Jangankan di masa sekarang, di masa para nabi pun tak berhenti dilakukan oleh sebahagian orang, walau dicegah setiap hari. Karena itu, setiap diri kita mengemban suatu kewajiban untuk mencegah kemungkaran. Dan bukan suatu yang baik bila memilih diam terhadap kemungkaran yang terjadi di sekitar kita.

Apalagi kini, banyak orang sudah berani mencari nafkah dan kekayaan dengan mengandalkan perbuatan mungkar atau jahat, seperti dengan menjual narkoba. Tak peduli kemungkaran itu menghancurkan umat di segala dimensi secara besar-besaran. Umat yang sudah hancur kemudian akan ikut berperan menghancurkan yang lain lagi. Demikianlah kemungkaran itu terus menjalar dan meluas.

Akibat lebih lanjut, umat menjadi lemah tak berdaya. Keadaan tak diharapkan ini akan berpeluang dimanfaatkan oleh pihak lain untuk menghancur-leburkannya. Dalam keadaan demikian, orang-orang yang tak bersalah pun akan ikut hancur.

Keadaan umat seperti ini pernah diibaratkan oleh Rasulullah SAW sebagai suatu pelayaran bersama dalam suatu bahtera, yang mau dilubangi oleh sebahagian orang. Bila tidak dicegah oleh orang yang mengetahuinya, bahtera akan tenggelam, sehingga menenggelamkan semua penumpangnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved