Tafakur

Siksa Ringan Neraka

Sangat banyak di antara kita yang berani mengambil resiko dengan terus-menerus melakukan perbuatan-perbuatan berdosa

Siksa Ringan Neraka

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya adalah seseorang yang diletakkan dua buah bara api di bawah telapak kakinya, seketika otaknya mendidih” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Sangat banyak di antara kita yang berani mengambil resiko dengan terus-menerus melakukan perbuatan-perbuatan berdosa dengan terang-terangan terhadap orang lain. Soal seberapa banyak dosa yang timbul dianggap hal yang kesekian dan bahkan tak masuk dalam skala prioritas untuk dipikirkan. Padahal siksa neraka yang paling ringan saja begitu menyengsarakan.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, siksa yang paling ringan di neraka bisa mendidih otak karena terkena api neraka yang teramat panas. Apalagi siksa api neraka pada tingkatan selanjutnya, yang tentunya lebih menyengsarakan lagi. Meskipun demikian, banyak orang tak mau peduli bila diingatkan.

Karena itu, diharapkan kita saling mengingatkan untuk menetapi kebaikan atau kembali ke jalur ketaatan kepada Allah. Sebagaimana dikatakan dalam Alquran, orang-orang yang benar-benar beriman pasti akan merasakan adanya manfaat dari setiap peringatan. Berbeda dengan orang-orang yang sudah terkunci hatinya, diperingatkan atau tidak, sama saja. Tak akan mengubah perilakunya.

Mudah-mudahan hati kita masih tersentuh dengan setiap peringatan untuk tidak melakukan kejahatan terhadap sesama manusia. Bila tidak, itu pertanda kerugian besar, karena bisa membuat bangkrut di akhirat kelak, sehingga menjadi penghuni neraka.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved