Aceh Siap Dari Semua Lini

SEBAGAI salah satu daerah yang ikut biding tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024, Aceh sejauh

Aceh Siap Dari Semua Lini
NOVA IRIANSYAH,

SEBAGAI salah satu daerah yang ikut biding tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024, Aceh sejauh ini siap dari semua lini, untuk ditunjuk sebagai tuan rumah PON 2024. “Aceh telah siap, dari semua lini dalam penyelenggaraan PON 2024, baik transportasi, akomodasi serta sarana pendukung lainnya,” ujar Nova Iriansyah, Ketua Tim Biding Aceh, yang didampingi Marwan Nusuf, Kepala Bidang Humas Tim Biding PON Aceh, kemarin.

Nova Iriansyah yang juga Wagub Aceh itu menekankan, semua kalangan di luar Aceh harus tahu jika, tekad Aceh untuk menjadi tuan rumah PON 2024 itu juga didukung oleh seluruh masyarakat Aceh.

Tekad itu juga dibuktikan dengan adanya sarana dan prasarana pendukung, seperti komplek gedung olahraga Stadion Harapan Bangsa yang akan ditambah beberapa fasilitas lainnya, termasuk asrama untuk atlet dalam skala besar, sebagai pelengkap sarana akomodasi.

Selam ini Pemerintah Aceh telah melakukan pendekatan untuk mendapatkan dukungan dari berbagai provinsi di Indonesia. “Insya Allah Aceh dan Sumatera Utara yang akan menjadi tuan rumah Bersama PON XXI/2024, mendapat dukungan dari mayoritas KONI Provinsi se-Indonesia. “Selain itu dari sisi internal, kita juga telah mensosialisasikan ke pemerintah kab/kota dan stake holders lainnya di Aceh, yang nantinya akan membantu dan mendukung penuh pelaksanaan PON 2024 di Aceh,” tutur Nova.

Ditanya seputar dukungan semua stake holders terkait di Aceh, Wagub Nova dengan optimis mengatakan, semua stake holders di Aceh sangat mendukung. Karena ini akan menjadi momentum Aceh untuk bangkit dari ketertinggalan dari provinsi lain di Indonesia, terutama dari sektor olahraga.

Menyangkut kerjasama dengan Sumut sebagai mitra sesama tuan rumah PON 2014, Wagub Nova menambahkan, saat ini Panitia Biding PON Aceh terus melakukan upaya konsolidasi. “Salah satu poin yang termaktub dalam draft kesepakatan itu adalah, pembukaan PON akan dilakukan di Aceh, dan penutupan akan dilaksanakan di Sumatera Utara. Untuk tempat dan sarana serta hal-hal lain yang mengalami perubahan atau ada penambahan, nanti kita bisa komunikasikan kembali dengan Pemprov Sumut,” ujar Nova Iriansyah.

Wagub Nova berharap agar PON dapat dilaksanakan di Aceh, tentunya sesuai dengan program yang diusung Pemerintah Aceh saat ini di bidang olahraga, yaitu Aceh Teuga. “Dengan kita menjadi tuan rumah akan memberi motivasi bagi kita untuk membangun olahraga Aceh lebih berkembang, tentunya dengan beberapa penambahan sarana dan fasilitas bagi atlet, pelatih dan offisial tentunya.”

Langkah Aceh menjadi tuan rumah bersama Sumut untuk PON XXI/2024 tak diragukan lagi. Kedatangann Tim Verifikasi dari KONI Pusat, diharapkan dapat melihat langsung venue pertandingan yang dinilai memenuhi persyaratan sebagai lokasi pertandingan.

Bagi Aceh, jika ini terwujud, kata Nova, akan menjadi sejarah bertinta emas dalam dunia olahraga di daerah berpenduduk hampir 5 juta jiwa itu, dimana semua provinsi (kecuali Aceh dan Sumut) datang dengan jiwa sportif dan yang paling penting adalah datang dengan landasan untuk membangun silaturrahmi.(**)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved