Aceh Layak Jadi Tuan Rumah PON

Kesiapan sarana fisik olahraga (venue) yang ada di Aceh mencapai 70 persen

Aceh Layak Jadi Tuan Rumah PON
TIM Verifikasi Calon Tuan Rumah PON 2024 melakukan pertemuan dengan Gubernur Irwandi Yusuf, di Pendopo Gubernur Aceh, Minggu (4/3). 

* Penilaian Tim Verifikasi Pusat

BANDA ACEH - Kesiapan sarana fisik olahraga (venue) yang ada di Aceh mencapai 70 persen. Melihat prasarana dan sarana olahraga yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota, Aceh sangat layak menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024.

Demikian antara lain disampaikan Ketua Tim Verifikasi Calon Tuan Rumah PON 2024, Marsda TNI (Purn) Surya Dharma SIP, dalam pertemuan dengan Gubernur Irwandi Yusuf di Pendopo Gubernur Aceh, Minggu (4/3). Seperti diketahui, Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) saat ini sedang berjuang untuk menjadi tuan rumah bersama even olahraga empat tahunan tersebut.

“Setelah kami tinjau venue di beberapa kabupaten/kota, mayoritas sarana olahraga sudah siap dan layak dipakai untuk PON. Persyaratan minimal persiapan venue yang harus dipenuhi untuk jadi tuan rumah PON adalah 30 persen. Sementara Aceh sudah di atas ambang batas kewajiban minimal itu sebagai calon tuan rumah PON XXI tahun 2024,” ujar Surya Dharma.

Dikatakan, pihaknya bersama tim KONI Pusat sudah meninjau seluruh lokasi yang dijadikan venue PON XXI mulai dari Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Tengah. Secara fisik, menurut Surya Dharma, Aceh sudah siap untuk menggelar PON tahun 2024 nanti bersama Sumut. Sekarang, tambahnya, hanya menunggu keputusan pemerintah pusat. “Tugas tim verifikasi hanya menilai kesiapan fisik venue, sedangkan keputusan akhir ada pada pemerintah,” ungkapnya.

Ia meminta Gubernur Aceh melakukan lobi ke Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) serta Presiden. Sebab, tambahnya, penetapan tuan rumah PON XXI dilakukan dengan persetujuan presiden atas rekomendasi Kemenpora. Untuk diketahui, hingga kini 27 provinsi sudah memberi dukungan untuk Aceh-Sumut sebagai penyelenggara PON XXI tahun 2024 nanti.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, pihaknya akan bekerja keras untuk menyiapkan 30 persen lagi pembangunan venue yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota. Irwandi juga mengatakan, dirinya sudah menyurati Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta sejumlah gubernur agar memberikan dukungan kepada Aceh dan Sumut sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024.

“PON adalah even olahraga yang penting. Untuk itu, saya akan berusaha melengkapi venue serta melakukan lobi ke pemerintah pusat,” ujar Gubernur.

Pertemuan itu turut dihadiri Kadispora Aceh, Musri Idris, Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin alias Abu Razak, dan sejumlah pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga.(min)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help