Kapolda Lantik 284 Bintara

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, melantik 284 bintara polisi dalam upacara penutupan pendidikan bintara

Kapolda Lantik 284 Bintara
KAPOLDA Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak menyematkan tanda pangkat dan memberi selamat kepada bintara polisi saat pelantikan 284 bintara Polri Aceh di Sekolah Polisi Negara (SPN) Seulawah, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Selasa (6/3). 

BANDA ACEH - Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, melantik 284 bintara polisi dalam upacara penutupan pendidikan bintara Polri tahun 2017/2018 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Seulawah, Aceh Besar, Selasa (6/3) pagi. Pelantikan ditandai dengan putusan yang dibacakan Kapolda serta penyematan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) kepada perwakilan siswa.

Seharusnya total siswa yang dilantik sebanyak 285 orang, namun seorang di antaranya telah dikeluarkan dan batal mengikuti pendidikan karena melakukan pelanggaran berupa pemalsuan identitas saat mendaftar Bintara Polri, beberapa waktu lalu.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak yang membaca amanat Kapolri, Jenderal Polisi Muhammad Tirto Karnavian Phd mengatakan, upacara itu merupakan rangkaian akhir dari program pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun 2017/2018. “Pendidikan sudah berlangsung selama tujuh bulan di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Sabharan, Pusdik Binmas, dan 29 Sekolah Polisi Negara (SPN) jajaran Polda yang ada di seluruh Indonesia,” katanya.

Kapolda menyebutkan, pendidikan pembentukan Bintara Polri sebagai upaya penting dalam mewujudkan personel Polri yang promoter dan mampu menjalankan berbagai strategi dan kebijakan. Karena itu perlu didukung oleh sumber daya manusia (SDM) Polri yang berkualitas.

“Dengan jumlah brigadir yang mencapai 350.994 personel atau 79,2 persen dari jumlah total personel Polri, maka Bintara Polri merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas Polri, kinerja dan perilaku Bintara Polri memberi pengaruh besar terhadap citra dan penilaian masyarakat terhadap organisasi Polri,” kata Irjen Pol Rio S Djambak.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Aceh menyebutkan, pelantikan Bintara Polri tersebut selayaknya disyukuri sebagai momentum awal pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Selanjutnya para personel polisi baru tersebut akan langsung dihadapkan dengan beragam agenda sosial kemasyarakatan dan tugas yang memerlukan kesiapsiagaan Polri secara optimal.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh bintara remaja Polri atas keberhasilan Saudara dalam menyelesaikan rangkaian pendidikan. Saya juga mengucapkan selamat kepada para orang tua dan keluarga yang telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi bagian dari keluarga besar Polri,” kata Irjen Pol Rio.

Dari 284 siswa yang mengikuti pendidikan pembentukan bintara dan dilantik di SPN Seulawah Polda Aceh kemarin, 15 siswa terbaik dikirimkan ke Mabes Polri untuk ditempatkan di satuan Densus 88. Selebihnya ditugaskan di jajaran Polda Aceh, yakni polres atau polresta di 23 kabupaten/kota. “Selamat sekali lagi saya ucapkan kepada seluruh siswa yang telah dilantik hari ini,” pungkas Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak.

Selama proses pendidikan, para bintara Polri ini telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepolisian, sebagai modal utama dalam menghadapi berbagai tantangan tugas di lapangan. Pendidikan selama tujuh bulan diikuti siswa sampai tuntas hingga mereka berhak mendapatkan pangkat dan dilantik sebagai personel polisi.

Pelantikan kemarin, turut hadir Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Supriyanto Tarah, Kepala SPN, Kombes Armia Fahmi, Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto, Kapolres Aceh Besar, AKBP Heru Suprihasto beserta sejumlah pejabat jajaran Polda Aceh lainnya, termasuk dihadiri oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help