KONI Pusat Survei Sungai Geumpang

Tim dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melakukan survei debit air Sungai Geumpang

KONI Pusat Survei Sungai Geumpang
BUPATI Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) membuka Pra-PORA cabang arung jeram di aliran krueng Geumpang, Gampong Lutueng, Kecamatan Mane, Senin (18/9). 

* Calon Tuan Rumah Arung Jeram

SIGLI - Tim dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melakukan survei debit air Sungai Geumpang di Gampong Lutueng, Kecamatan Mane, Pidie, Senin (5/3), yang diajukan sebagai lokasi lomba arung jeram pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-21 tahun 2024.

Seperti diketahui, Provinsi Aceh bersama Sumatera Utara mengajukan diri sebagai tuan rumah PON ke-21, dimana 28 cabang olah raga (cabor) akan digelar di Aceh dan 28 cabor di Sumatera Utara.

“KONI Aceh mengajukan Pidie sebagai calon tuan rumah peaksanaan PON tahun 2024 untuk cabang olahraga arung jeram dan sepakbola. Sehingga tim verifikasi KONI Pusat perlu menilai venue tersebut dengan meninjau langsung ke lokasi,” kata Wakil Ketua Panitia PON Pusat, Mayjen TNI (Purn) Nanang Djuana Pribadi, di Sigli, kemarin.

Untuk cabor arung jeram, lokasi yang diajukan sebagai venue adalah Sungai Geumpang, sedangkan untuk cabor sepakbola venue yang diajukan yakni lapangan bolakaki Kuta Asan dan Blang Paseh.

Hasil survei lokasi ini nantinya akan disampaikan dalam forum rapat anggota KONI Pusat untuk menentukan kelayakan venue. Hasil rapat itu juga akan dilaporkan ke Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Sebab, venue yang dijadikan sebagai arena laga bagi atlet, memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Antara lain, waktu tempuh dari hotel ke lokasi venue tidak lebih dari 30 menit. Akomodasi, transportasi, dan konsumsi juga harus betul-betul terjamin keamanan dan kenyamanannya.

“Sebagai calon tuan rumah PON tahun 2024, Aceh bersaing ketat dengan Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kalimantan Selatan. Mudah-mudahan Aceh dan Sumatera Utara bisa terpilih sebagai tuan rumah PON mendatang,” ungkap Nanang Djuana Pribadi.

Wakil Bupati Pidie, Fadlullah TM Daud ST, menyatakan siap membenahi sarana olahraga untuk perhelatan PON tahun 2024, jika Aceh terpilih sebagai tuan rumah.

Ia mengatakan, KONI Pusat tidak hanya meloloskan dua cabor, melainkan enam hingga 14 cabor untuk dipertandingkan di Pidie. Apalagi Pidie memiliki sarana olahraga yang mampu diandalkan untuk kegiatan PON. “Kami akan bekerja maksimal untuk membenahi sarana tersebut, demi suksesnya penyelenggaraan PON di Aceh-Sumut,” jelasnya.

Ketua KONI Pidie, Samsul Bahri, mengaku cukup puas dengan hasil kunjungan tim verifikasi dari KONI Pusat. Di mana mereka tidak banyak mengkomplain atas venue yang diusul. Yaitu, Sungai Geumpang sebagai cabor arung jeram dan lapangan Kuta Asan Sigli serta Blang Paseh untuk pertandingan sepakbola.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help