Tafakur

Memperbaiki Negeri

Dan sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka

Memperbaiki Negeri

Oleh: Jarjani Usman

“Dan sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya” (QS. Al-A’raaf: 96).

Bukan suatu hal yang mengherankan bila negeri kita semakin sulit diperbaiki. Soalnya, penduduk negeri seperti kita banyak yang tidak mampu keluar lagi dari kecenderungan mendustakan ayat-ayat Allah. Seperti tidak jujur dan gemar mengambil hak-hak orang lain secara tidak sah, walaupun sebenarnya sudah hidup berkecukupan secara harta dan pendidikan. Bisa jadi itu adalah bahagian dari azab yang disegerakan di dunia ini.

Apalagi telah diingatkan bahwa ada sebahagian azab yang ditimpakan kepada pelaku dosa di dunia ini, sedangkan sebahagian lagi diberikan di akhirat kelak. Makanya, tidak mengherankan bila sebahagian orang menampakkan kealimannya, tetapi mendustakan ayat-ayat Allah. Di atas mimbar meneriakkan anti Yahudi, tetapi dalam kenyataannya gemar merampas hak-hak orang lain sebagaimana Zionis Yahudi merampas hak-hak orang Palestina.

Mudah-mudahan dalam umur yang masih tersisa, setiap diri kita mau berusaha untuk memperbaiki diri. Memperbaiki pribadi kita masing-masing berdampak positif terhadap perbaikan negeri. Negeri yang dihuni oleh penduduknya yang beriman akan memperoleh keberkahan dari Allah. Rakyat dan pemimpinnya akan diberikan jalan keluar dari jalan yang tak disangka-sangka dalam menghadapi himpitan berbagai masalah pribadi dan umat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help