TKI yang Jadi ABK di Fiji Tiba di Aceh Singkil: "Saya Pulang karena Ada Gangguan Kesehatan di Sini"

Rahmad pulang bukan karena ada kekerasan fisik dan bekerja di luar ketentuan seperti informasi sebelumnya yang disampaikan salah seorang keluarganya.

TKI yang Jadi ABK di Fiji Tiba di Aceh Singkil:
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Rahmad Hidayat, yang jadi anak buah kapal di negara Fiji, tiba di Aceh Singkil, Kamis (8/3/2018), dan disambut Bupati Dulmusrid. 

Laporan Dede Rosadi I Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Tenaga kerja Indonesia (TKI) Rahmad Hidayat, yang jadi anak buah kapal di negara Fiji, tiba di Aceh Singkil, Kamis (8/3/2018).

Rahmad pulang ke kampung halamannya diantar Rohaya Hanum Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Dinas Sosial Aceh dan Balai Pelayanan Perlindungan Penempatan Tenaga Kerja (BP3TK) Aceh, Elvira.

Selanjutnya Rahmad diserahkan kepada Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, didampingi Wakil Ketua DPRK setempat Yulihardin, Kadis Sosial Aceh Singkil, Mauidhah. "Kami mewakili Pemerintah Aceh menyerahkam adik kita Rahmad," kata Rohaya.

(Baca: Heboh TKI Asal Aceh Dipaksa Kerja 24 Jam, Ini Penjelasan Keluarga dan Karo Humas Aceh)

Rahmad pulang bukan karena ada kekerasan fisik serta bekerja di luar ketentuan sebagaimana informasi sebelumnya yang disampaikan oleh salah seorang keluarganya.

Tapi Rahmad pulang karena gangguan kesehatan yang dideritanya. "Bukan karena dipukul, tapi karena ada masalah kesehatan," jelas Rohaya.

Alasan kepulangan karena sakit juga diakui Rahmad Hidayat. "Ya saya pulang karena ada gangguan kesehatan di sini," kata Rahmad sambil menunjuk bagian dadanya.

Sebelumnya Rahmad menjadi anak buah kapal Zhong Shui. Kapal tersebut merupakan kapal penangkap ikan.

Pernyataan Rahmad 'menganulir' keterangan sebelumnya yang disampaikan oleh tantenye melalui akun facebook.(*)

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help