Toyota Lebih Murah di Aceh Capai Rp 16 Juta

Seiring kebijakan Pemerintah Aceh menurunkan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) baru

Toyota Lebih Murah di Aceh Capai Rp 16 Juta
AFRIADY MUHAMMAD,Deputy Operation Manager PT Dunia Barusa

BANDA ACEH - Seiring kebijakan Pemerintah Aceh menurunkan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) baru pelat Aceh (BL) yang sebelumnya 13 persen menjadi 9 persen, PT Dunia Barusa selaku diler resmi Toyota di Aceh menyambut positif dan melakukan penyesuaian harga yang mulai berlaku, hari ini, Kamis (8/3).

Deputy Operation Manager PT Dunia Barusa Dealer Toyota Aceh, Afriady Muhammad menyampaikan hal tersebut kepada Serambi, Rabu (7/3). Ia menyebutkan dengan kebijakan tersebut maka terjadi penurunan harga, contohnya Avanza Veloz 1.5 manual lebih murah Rp 7.650.000/unit, harga Innova bensin manual lebih murah Rp 9.300.000/unit, dan harga Fortuner VRZ Automatik TRD lebih murah Rp 16 juta/unit.

“Harapan kami dengan lebih murahnya harga mobil jenis Toyota baru di Aceh dibandingkan Medan, maka dapat meningkatkan pertumbuhan kendaraan, khususnya pelat BL,” ujarnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, BBNKB baru pelat Aceh (BL) yang sebelumnya 13 persen turun menjadi sembilan persen dari harga kendaraan baru. Secara umum aturan ini mulai, 15 Januari 2018. Dengan demikian, tarif BBNKB yang diberlakukan Pemerintah Aceh ini disebut-sebut lebih murah dibanding di Medan karena BBNKB Sumut masih 10 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Jamaluddin SE MSi mengatakan penurunan BBNKB baru Aceh ini diatur dalam Qanun Nomor 7 tahun 2017 yang merupakan perubahan dari Qanun Nomor 2 tahun 2012.

“Salah satu tujuan penurunan BBNKB baru ini agar harga jual kendaraan bermotor baru di Aceh jangan terlalu tinggi dibanding Sumut, sehingga jumlah masyarakat Aceh yang menggunakan nomor polisi BL semakin banyak,” kata Jamaluddin. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help