DKP Tanam Cemara di Gampong Jawa

Pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh bersama Panglima Laot, LSM Jaringan Kuala dan nelayan Gampong Jawa

DKP Tanam Cemara  di Gampong Jawa
SERAMBI/HERIANTO
Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh, Ir T Diauddin menanam cemara laut di pinggir Pantai Kampung Jawa, Banda Aceh, bersama pegawai dan nelayan serta LSM Pada Hari Jumat (9/3).SERAMBI/HERIANTO 

BANDA ACEH - Pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh bersama Panglima Laot, LSM Jaringan Kuala dan nelayan Gampong Jawa, Jumat (9/3), melakukan penanaman 200 pohon Cemara Laut di pinggiran Pantai Gampong Jawa, Banda Aceh.

Kepala DKP Aceh, Ir T Diauddin, penanaman Cemara Laut itu sebagai upaya menghijaukan kawasan pantai dan laut. Apalagi, katanya, di pinggiran pantai Gampong Jawa sudah ada jalan lingkar tembus ke Ulee Lehue. Namun di sepanjang jalan itu masih gersang karena belum ada penghijauan.

“Kegiatan ini untuk memberi teladan bagi masyarakat, bahwa menanam pohon hijau di pinggiran pantai yang gersang sangat penting untuk menambah ruang hijau, keindahan dan lokasi pariwisata baru di sudut Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Menjaga lingkungan hidup dan ekosistem di kawasan pantai, tambah Diauddin, bukan hanya dengan mengawasi limbah rumah tangga, industri perkebunan dan lainnya. Menambah ruang hijau kawasan pantai juga bagian dari menciptakan kelestarian ekosistem dan lingkungan hidup.

“Kalau pantainya bersih dan hijau, banyak hal yang bisa dilakukan. Nelayan bisa melakukan tarek pukat darat dan laut. Di situ juga bisa dijadikan lokasi wisata baru di Banda Aceh, yaitu wisata pancing, kuliner, tempat bermain keluarga pada hari libur dan lainnya.

Sementara Wakil Panglima Laot Gampong Jawa, Kamaruddin, dan Ketua LSM Jaringan Kuala, Rahmi dan Sekretaris, Crissa, mengatakan, program penghijauan di wilayah bibir pantai yang dilakukan DKP Aceh ini sangat baik dan bagus. Lokasi ini, akan menjadi salah satu titik kegiatan usaha nelayan dan masyarakat Gampong Jawa, setelah pohon cemaranya nanti hidup dan tumbuh besar lima tahun ke depan.

Untuk itu, kata Kamaruddin, anggota Panglima Laot dan nelayan Gampong Jawa bersama LSM Jaringan Kaula, akan menjaga 200 batang pohon Cemara Laut yang telah ditanam DKP Aceh bersama Panglima Laot dan LSM Jaringan Kuala ini, agar pohon tumbuh dan besar.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved