Sabang Gelar Festival Khanduri Laot

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkenalkan kebudayaan, Festival Khanduri Laot akan digelar pada 27 April-1 Mei 2018

Sabang Gelar Festival Khanduri Laot
net
Logo Sail Sabang. 

SABANG - Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkenalkan kebudayaan, Festival Khanduri Laot akan digelar pada 27 April-1 Mei 2018 di Terminal CT 3 Sabang. Festival itu diselenggarakan atas kerja sama Pemko Sabang dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin atau yang akrab disapa Teungku Agam kepada Serambi kemarin menyampaikan, Festival Khanduri Laot akan memperkenalkan budaya dan adat yang selama ini dijalankan oleh orang pesisir. Jadi adat dan budaya yang mewarnai aktivitas masyarakatnya diperkenalkan ke nasional dan internasional, supaya menjadi daya tarik wisatawan.

Dikatakan Teungku Agam, di Aceh maupun Sabang, nelayan juga berperan dalam menjaga keamanan laut, yaitu melalui Panglima Laot. Sebagai negera poros maritim, dikatakan, bahwa nelayan di Sabang dilengkapi dengan peralatan profesional, dan dapat memberikan informasi ke pihak terkait dalam menjaga keamanan laut.

Ditambahkan, selain memperkenalkan keindahan pantai dan alam bawah laut ke wisatawan, Sabang juga ingin menjadikan atraksi adat dan budaya dikenal oleh wisatawan. Sehingga kedepan, daya tarik Sabang itu akan terletak pada keindahan alam dan atraksi budaya.

Dalam festival itu nanti, akan ada beberapa agenda kegiatan yang mewarnai yaitu atraksi nelayan melaut, festival kuliner khas Aceh, lomba mancing tradisional, lomba perahu dayung dan perahu hias tradisional, pentas pesona budaya tradisi pesisir, khanduri untuk aulia keramat 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi panglima laot, zikir akbar, dan pameran produk kreativitas pesisir.

Teugku Agam mengatakan, setelah pergelaran Festival Khanduri Laot akan dilanjutkan dengan Sabang Marine Festival oleh BPKS Sabang, kegiatan itu akan menghadirkan kapal layar (yacht) dari berbagai negara. Selain itu, juga akan ada festival kopi untuk memperkenalkan kopi Aceh ke dunia luar.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved