Jubir: Persoalan APBA Sudah di Internal Kemendagri

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, mengaku belum menerima update terkini dari Kementerian

Jubir: Persoalan APBA Sudah di Internal Kemendagri
IST
Azhari Cagee 

BANDA ACEH - Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, mengaku belum menerima update terkini dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan pengesahan APBA 2018. Namun ia memastikan, persoalan APBA sudah ditangani internal Kemendagri.

“Menurut informasi, ini sudah di internal Kemendagri, kan mereka sudah mendapat informasi dari eksekutif dan legislatif kemarin, jadi pasti ini sedang penggodokan internal,” kata Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG saat ditanyai Serambi, Minggu (11/3).

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Pemerintah Aceh melalu Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) telah menyerahkan dokumen untuk rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) APBA 2018.

Langkah mempergubkan APBA 2018 terpaksa ditempuh Pemerintah Aceh sebagai konsekwensi dari tidak dicapainya kesepakatan tentang KUA-PPAS 2018 antara Gubernur Aceh dengan DPRA sesuai batas waktu yang diatur Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Namun, rencana untuk mempergubkan APBA 2018 ini mendapat respons keras dari anggota DPRA yang tetap menginginkan APBA disahkan dengan qanun seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, salah satu anggota DPRA, Azhari Cagee, mengancam akan menggugat Gubernur Aceh dan Mendagri jika APBA dipergubkan. Langkah hukum yang akan diambil yaitu mengajukan gugatan atau judicial review (JR) ke Mahkamah Agung (MA).

Kemarin, dalam keterangannya kepada Serambi, Jubir Pemerintah Aceh, SAG mengatakan, usai pertemuan eksekutif dengan Kemendagri beberapa waktu lalu, belum ada informasi baru tentang APBA yang disampaikan pihak Kemendagri ke Pemerintah Aceh.

“Saya sudah coba konek dengan humas Kemendagri, katanya Senin (hari ini) akan diupdate perkembangannya seperti apa,” kata SAG.

Pemerintah Aceh, kata SAG, pada prinsipnya siap jika diminta keterangan lebih lanjut atau diminta tambahan terkait rancangan Pergub APBA 2018 yang telah disampaikan sebelumnya. “Itu kan pasti sudah mereka kaji, jadi sampai saat ini kita memang belum dipanggil. Kemendagri pasti melihat detail kembali apa yang telah disampaikan. Saat ini kita tidak tahu detail persoalan di sana, kecuali dipanggil untuk bicarakan sesuatu,” pungkas SAG.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help