Kapolda Minta Personel Siaga

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, meminta semua personel jajaran Polda Aceh, khususnya di tiga kabupaten/kota

Kapolda Minta Personel Siaga
RIO S DJAMBAK, Kapolda Aceh

* Jelang Pilkada 2018

BANDA ACEH - Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, meminta semua personel jajaran Polda Aceh, khususnya di tiga kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada 2018, untuk siaga memperketat pengawasan keamanan. Kapolda juga mengatakan, peran bhabinkamtibmas dianggap peting dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dimaksud.

Demikian antara lain amanat Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dalam acara arahan Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis SH kepada bhabinkamtibmas jajaran Polda Aceh di aula serbaguna Mapolda Aceh di Banda Aceh, Selasa (13/3). Acara itu dihadiri para Kasat Binmas dan perwakilan bhabinkamtibmas jajaran Polda Aceh dari 23 kabupaten/kota.

“Tahun 2018 ini Polda Aceh memiliki tugas penting dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Aceh bersama 170 daerah lainnya di Indonesia akan melaksanakan pilkada serentak, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban, tentunya peran bhabinkamtibmas sangatlah penting,” kata Rio S Djambak.

Sebagaimana diketahui, ada tiga kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada pada 2018 di Aceh, yaitu Pidie Jaya, Aceh Selatan, dan Subulussalam. Dalam mengawasi keamanan jelang Pilkada di tiga daerah itu, Kapolda menekankan, para personel Polri khususnya anggota bhabinkamtibmas, harus bertindak inovatif, efisien, dan efektif.

“Terutama dalam merumuskan pola pikir, meningkatkan kerja sama serta networking dengan berbagai komunitas masyarakat dalam wadah kemitraan,” ucap Rio.

Situasi kamtibmas di Aceh, lanjut Kapolda, akan terus terjaga melalui peningkatan sinergitas polisional dengan seluruh stakeholder terkait, sebagai partner pemelihara kamtibmas dalam rangka mendukung terlaksananya agenda prioritas. “Baik program prioritas Kapolri maupun kebijakan pemerintah, terutama dalam pengamanan Pilkada 2018 dan Pileg 2019,” pungkas Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Rio S Djambak juga berharap, kehadiran Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis SH ke Aceh dapat memberikan penyegaran dan arahan yang dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan tugas personel bhabinkamtibmas.

Sementara itu, Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Drs Arkian Lubis SH, mengatakan, saat ini kebijakan khusus seputar kamtibmas tidak ada, karena pada intinya kebijakan tersebut sama untuk seluruh wilayah di Indonesia, kecuali pada daerah-daerah yang akan melaksanakan Pilkada.

“Nah untuk daerah-daerah yang akan melaksanakan Pilkada, kita harapkan ada kegiatan kepolisian yang ditingkatkan, seperti tindak pencegahannya diperbanyak, volumenya ditingkatkan. Kemudian mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga kamtibmas, untuk pilkada dan Pilpres 2019,” katanya.

Dalam arahannya kepada kasat binmas dan bhabinkamtibmas jajaran Polda Aceh, Irjen Pol Drs Arkian Lubis mengatakan, fungsi binmas salah satunya melakukan pembinaan terhadap bhabinkamtibmas yang tugasnya semakin berat dan kompleks, seperti mengawasi dana desa, melakukan pembinaan dan penyuluhan masyarakat, melakukan pengawasan orang asing dan lainnya.

“Tugas binmas sekarang dari tugas reaktif polisi berubah menjadi tugas proaktif polisi, mengubah mindset untuk mempersiapkan langkah-langkah pencegahan dalam menjaga kamtibmas, termasuk mencegah kegiatan radikalisme dan menanggulangin peredaran narkoba,” pungkasnya.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help