DPRK Agara Bimtek di Hotel Danau Toba

Sebanyak 28 anggota dan pimpinan DPRK Aceh Tenggara melaksanakan bimbing teknis pengawasan keuangan daerah atau APBK di Hotel

DPRK Agara Bimtek di Hotel Danau Toba
SERAMBI NEWS.COM/ASNAWI LUWI
Anggota DPRK Aceh Tenggara, M Sopian Desky, menyampaikan pernyataannya saat rapat dengar pendapat (RDP) di DPRK Agara yang dihadiri Wabup Agara dan jajarannya, Selasa (6/2/2018). 

KUTACANE- Sebanyak 28 anggota dan pimpinan DPRK Aceh Tenggara melaksanakan bimbing teknis pengawasan keuangan daerah atau APBK di Hotel Danau Toba, dari 21 sampai 25 Maret 2018. Kegiatan itu dipandu oleh Prof Badaruddin, guru besar FISIP Universitas Sumatera Utara (USU).

Ketua DPRK Aceh Tenggara, Irwandi Desky, SP, Kamis 922/3) mengatakan bimtek kali ini memfokuskan pada regulasi pelaksanaan dan pengawasan APBK, terutama meminta pertanggungjawaban kepala daerah. “Bagaimana cara kita memahami regulasi tentang pengawasan dan juga pelaksanaan APBK. Ini penting karena berkaitan dengan pengembangan daerah,” kata Irwandi Desky.

Badaruddin dalam paparannya menjelaskan beberapa pola, agar kinerja legislatif bisa diterima masyarakat. Disebutkan, penilaian masyarakat bisa beragam, bahkan menyimpulkan anggota dewan berkinerja lemah. “Bila pilihan saluran informasinya tidak tepat, maka pesan penyampaian kinerja tidak akan sampai pada publik, maka publik menilai bahwa DPRK memiliki kinerja yang rendah,” kata Badaruddin.

Dia pun menyarankan agar anggota dewan harus mampu membuat program-program kerja yang sesuai dengan keinginan publik dan anggaran yang wajar. Selanjutnya seluruh kinerja ini diinformasikan melalui media yang tepat, seperti melalui media massa, baik cetak, elektronik, ataupun menggunakan media tradisional seperti kesenian lokal atau perkumpulan warga.

“Karena masyarakat yang menerima informasi ini berasal dari latar belakang berbeda. Ada petani, buruh dan akademisi. Ini memengaruhi daya serap yang berkaitan dengan kinerja,”ujarnya.(as)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help