Rumdin Guru SDN 12 Jeumpa Rusak

Dua unit rumah dinas (rumdin) guru di komplek SDN 12 Jeumpa yang berada dalam kawasan Desa Cot Meugoe, Kecamatan Jeumpa

Rumdin Guru SDN 12 Jeumpa Rusak
Salah satu kawasan perumahan di Kaliwungu Selatan Kendal. (Kompas.com/Slamet Priyatin) 

BIREUEN - Dua unit rumah dinas (rumdin) guru di komplek SDN 12 Jeumpa yang berada dalam kawasan Desa Cot Meugoe, Kecamatan Jeumpa, Bireuen rusak berat. Menurut guru dan warga setempat kepada Serambi, Jumat (23/3), mengatakan, rumah dinas guru di desa pedalaman itu sudah rusak sejak beberapa tahun lalu, namun hingga kini belum direnovasi. Sehingga guru yang ingin menetap di rumah dinas itu terpaksa pulang ke rumahnya yang letaknya jauh dari sekolah tersebut.

“Sebenarnya, kami ingin menetap di rumah dinas guru itu. Tapi, rumahnya rusak berat, sehingga tidak bisa ditempati,” kata Husaini, guru SDN 12 Jeumpa kepada Serambi, kemarin.

Diterangkan Husaini, karena dia atau guru lain tidak ada yang menetap di rumah dinas tersebut, maka saat musim penghujan, proses belajar dan mengajar di sekolah tersebut terpaksa diliburkan. Penyebabnya, karena guru yang mayoritas menetap di kota tidak bisa pergi ke sekolah, lantaran jalan menuju ke SDN 12 itu rusak berat serta berbukit, sehingga sulit dilintasi kendaraan bermotor.

“Anak-anak saat musim hujan selalu tidak sekolah karena tidak ada guru. Seandainya rumah dinas itu direnovasi, guru bisa menetap di sekolah, sehingga saat musim hujan mereka tetap bisa mengajar dan murid tak ada yang ditelantarkan,” ujarnya.

Hal senada dipaparkan orang tua murid di Desa Cot Meugoe. Mereka mengeluh tidak ada guru di sekolah tersebut saat musim hujan. “Seharusnya rumah dinas guru itu direhab supaya ada guru yang menetap di sekolah,” ucap orang tua murid.

Sementara itu, Kepala SDN 12 Jeumpa, Munzir yang dikonfirmasi terpisah, juga berharap jalan ke Desa Cot Meugoe secepatnya diaspal, di samping juga meminta rumah dinas guru direnovasi. “Kami berharap ada perhatian pemerintah,” pintanya.(c38)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved