Kupi Beungoh

Siapakah Tokoh di Balik Jalan Mohd. Jam?

Sultan yang dimaksud adalah Sultan Muhammad Al-Jamalulail yang berasal dari Dinasti Al-Jamalulail, yang berkuasa 1699-1726.

Siapakah Tokoh di Balik Jalan Mohd. Jam?
Kolase Serambinews.om/ist
Kolase foto Sayed Murtadha Ketua Asyraf Aceh dan Jalan Mohd. Jam Banda Aceh. 

Oleh Sayed Murtadha

SETIAP nama jalan, lorong, dan gang harus mempunyai nama yang diberikan oleh pemerintah setempat melalui peraturan daerah, baik yang dikeluarkan oleh gubernur, wali kota, dan bupati.

Di Banda Aceh, ada sebuah jalan yang cukup terkenal yang diberikan oleh Pemerintah Banda Aceh, yakni Jalan Mohammad Jam atau lazim disingkat Mohd. Jam.

Namun, tahukah Anda, siapakah sosok di balik nama tersebut?

(Baca: Warga Lhokseumawe Tunjukkan 3 Surat Utang Negara Tahun 1950, Apakah Obligasi Pembelian Pesawat?)

Saya menelusuri, hampir semua nama jalan utama di Kota Banda Aceh diberikan berdasarkan kepada nama tokoh pahlawan, ulama, tokoh masyarakat atau sesuatu keadaan peristiwa yang penting.

Hal ini memang mengacu kepada peraturan daerah (perda) Kotamadya Banda Aceh No.4 Tahun 1985.

Setelah mengkaji sejumlah literatur, saya mendapatkan bahwa penamaan jalan Mohd. Jam untuk mengenang salah satu Sultan Aceh pada masa Kerajaan Aceh Darussalam.

Jalan Mohd. Jam Banda Aceh, tahun 2018.
Jalan Mohd. Jam Banda Aceh, tahun 2018. (IST)

Sultan yang dimaksud adalah Sultan Muhammad Al-Jamalulail yang berasal dari Dinasti Al-Jamalulail, di mana dinasti ini berkuasa dalam rentang waktu 1699-1726.

Kemudian dinasti ini diganti oleh Dinasti Bugis setelah terjadi perebutan kekuasaan antara Sultan Jamalul Alam Badrul Munir dengan Sultan Alauddin Johan Syah.

Halaman
123
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help