SerambiIndonesia/

Seribu Peserta akan Tampil di Festival Tot Apam di Pidie, Ini Lokasinya

Peserta dari kecamatan yang tampil sebagai juara akan mendapatkan tropi dan sertifikat.

Seribu Peserta akan Tampil di Festival Tot Apam di Pidie, Ini Lokasinya
Peserta mengikuti proses bakar kue apam secara massal di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Selasa (10/5/2016) malam. Kegiatan dalam rangka pembukaan Festival Kuliner Banda Aceh itu dalam rangka pemecahan rekor muri dengan membakar seribu Apam. SERAMBI/M ANSHAR 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie 

SERAMBINEW.COM, SIGLI - Festival apam fair akan digelar di Pidie, yang dipusatkan di jalan dua jalur Iskandar Muda Alun-alun Sigli.

Seribu peserta dari 23 kecamatan di Pidie, akan bersaing menjadi juara pada lomba tot atau bakar apam tersebut.

Peserta dari kecamatan yang tampil sebagai juara akan mendapatkan tropi dan sertifikat.

Lokasi apam fair, nantinya akan menjadi lautan manusia, mengingat ramainya warga yang menyaksikan kegiatan yang baru pertama kali digelar di Pidie.

"Lokasi tot apam dipusatkan di jalan dua jalur. Jalan itu akan kita pasang tenda dan akan kita tutup saat festival berlangsung," kata Ketua Pelaksana, Yusrawati SE, kepada Serambinews.com, Rabu (28/3/2018).

Baca: Ratusan Ibu-ibu Masak Apam Massal di Gampong Pukat, Pidie, Habiskan 100 Buah Kelapa

Ia menambahkan, jumlah peserta yang akan tampil seribu orang mewakili 23 kecamatan di Pidie. Setiap kecamatan akan mengirim peserta 50 orang.

Kegiatan apam fair itu akan dinilai tiga dewan juri. Terdiri, dua dari tata boga dan satu juri dari kampung yang memahami secara mendalam tentang tot apam.

"Tot apam itu menggunakan daun kelapa kering. Peserta memakai baju seragam," ujarnya.

Ia menjelaskan, apam fair itu akan dirangkaikan dengan pentas seni dan musik, bazar kuliner, pameran foto tempo doeloe dan kegiatan lainnya.

"Apam fair kami laksanakan tanggal 29 April 2018. Jadwal awal tanggal 28, tapi terbentur dengan kegiatan Kodim 0102 Pidie," pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help