Pusat Biayai Saman Diikuti 15.000 Penari

Bupati Gayo Lues, HM Amru menyebutkan pergelaran tari Saman masal melibatkan 15.000 penari dibiayai sepenuhnya

Pusat Biayai Saman Diikuti 15.000 Penari
Serambinews.com/Istimewa
Teuku Riefki Harsya bersama para penari Saman pada Tari Saman Masal 10.001 Penari di Blangkejeren, Gayo Lues 

JAKARTA - Bupati Gayo Lues, HM Amru menyebutkan pergelaran tari Saman masal melibatkan 15.000 penari dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat. Pagelaran dijadwalkan, 24 November 2018 bertepatan peringatan Hari Saman Internsional. “Pentas Saman tahun ini, jumlah pemainnya dinaikkan jadi 15.000 dan pembiayaannya pun diurus di Pusat,” kata Bupati HM Amru yang sedang di Jakarta, Minggu (1/4).

Selain saman masal, di Gayo Lues juga akan diselenggarakan panggung “Saman Roa Ingi” atau “Saman Dua Hari Dua Malam” yang melibatlan 144 desa di kabupaten tersebut. Pembiayaan “Saman Roa Ingi” bersumber dari program Indonesiana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kita sedang bahas jadwal ‘Saman Roa Ingi’ apakah digandeng dengan pergeralan Saman 15000 atau diselenggarakan terpisah, pada 1 Okteber bertepatan dengan Hari Jadi PBB,” kata Amru.

Disebutkan, saat ini jadwal tersebut sedang digodok di Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Jakarta.

Rangkaian pertunjukan Saman masa dan “Saman Roa Ingi” merupakan bagian dari kegiatan “Gayo Alas Mountain International Festival” (GAMIFest 2018) yang diselenggarakan 24 Agustus sampai 24 November di empat kabupaten Dataran Tinggi Gayo-Alas, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Sebelumnya tim dari PMK sudah mengunjungj Gayo Lues, Aceh Tenggata, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Pertunjukan Saman juga akan melibatkan penari dari perwakilan negara asing dan perwakilan provinsi seluruh Indonesia. “Kita akan latih mereka, kemungkinan tempat berlatihnya di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Kita harapkan pertunjukan tahun ini semakin semarak,” harap Bupati Amru. Di Gayo Lues juga akan dibangun “Saman Centre” dan Akademi Saman. “Gedung Saman Centre dan Akademi Saman kita harapkan bisa dimulai tahun ini juga,” ujar Amru. (fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved