Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas

Warga di Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, mengeluhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Lhok Kruet

Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas
Kondisi Puskesmas Rawat Inap Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. Kendati sudah diresmikan pada Kamis (08/02/2018 ) lalu, namun Puskesmas Rawat Inap belum juga difungsikan. Foto direkam Kamis (29/3). IST 

CALANG - Warga di Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, mengeluhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, karena dokter diduga jarang berada di tempat. Kondisi tersebut berakibat tak maksimalnya pelayanan kesehatan kepada warga Sampoiniet dan sekitarnya.

Anggota DPRK Aceh Jaya Saudi kepada Serambi, Selasa (3/4), mengungkapkan, dalam beberapa bulan terakhir ada dokter yang bertugas di Puskesmas Lhok Kruet jarang berada di tempat. Seharusnya dokter tetap berada di lokasi, mengingat Puskesmas tersebut sudah mempunyai fasilitas untuk rawat inap.

“Kita berharap kepada Pemerintah Aceh Jaya untuk menindak tegas dokter yang membangkang dalam tugas, sehingga proses pelayanan kesehatan bisa berjalan dengan optimal,” harap Saudi.

Dikatakan Saudi, atas laporan warga pihaknya memantau langsung kondisi tersebut ke Puskesmas. Setelah mengamati beberapa kali, diketahui bahwa dokter memang tidak berada di tempat.

“Meski pelayanan tetap berjalan karena diambilalih oleh perawat saat tak ada dokter, namun jika terjadi sesuatu terhadap pasien, akan menjadi masalah besar nantinya, sebab bukan dokter yang menanganinya. Masalah tersebut terjadi bukan hanya di Puskesmas Lhok Kruet saja, akan tetapi juga di sejumlah puskesmas lainnya di Aceh Jaya,” ujar Saudi.

Pihaknya berharap kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan penertiban para dokter agar memprioritaskan penempatan mereka yang disiplin dalam menjalankan tugas. “Kita berharap semua petugas kesehatan di Puskesmas tidak terlalu menyibukkan diri dengan kegiatan seremonia, sehingga menyebabkan pelayanan kesehatan terabaikan,” ungkap Saudi.

Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri Sofyan yang dikonfirmasi Serambi, Rabu (4/4) mengatakan, terkait keluhan warga terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, pihaknya berjanji akan menempatkan dokter baru di Puskesmas tersebut.

Wakil Bupati Aceh Jaya itu juga telah meninjau langsung ke Puskesmas Lhok Kruet dan mengakui bahwa dokter tak ada di tempat. Seharusnya, kata Yusri Sofyan, para dokter bertanggung jawab terhadap tugas yang sudah diberikan oleh negara.

Dikatakan wakil bupati itu, dia tidak akan membiarkan masalah tersebut terus terjadi. Sebab, dikawatirkan pelayanan kesehatan tidak akan berjalan dengan maksimal. Salah satu caranya, kata dia, dengan menempatkan dokter lain yang amanah. “Menindaklanjuti keluhan itu, kita tunggu Bupati pulang dari umrah dulu. Setelah itu akan kita tempatkan dokter yang baru di sana, supaya pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik,” kata Tgk Yusri.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help