ALC FAH UIN Ar-Raniry dan Dispusip Aceh Jaya Kembangkan Sistem Perpustakaan

"Di era digital ini, perpustakaan harus berbenah diri dengan mengikuti perkembangan teknologi,”

ALC FAH UIN Ar-Raniry dan Dispusip Aceh Jaya Kembangkan Sistem Perpustakaan
IST
Ilustrasi 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Aceh Library Consultant (ALC) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Aceh Jaya, untuk bedah sistem perpustakaan setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 7-8 April 2018. ALC merupakan lembaga konsultan pustaka yang diisi oleh alumni dan mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry.

Kepala Dispusip Aceh Jaya, Drs Abdullah Sufi melalui Kabid Perpustakaan, Nurussalim Bantasyam SH mengatakan, secara umum keberadaan dan citra perpustakaan masih sangat rendah, masyarakat pengguna perpustakaan masih memandang sebelah mata tentang eksistensi perpustakaan.

Menurutnya, perpustakaan umum Aceh Jaya harus berupaya membenahi diri, meningkatkan layanan dan memberikan kesan yang positif, sehingga akan mempengaruhi frekuensi kunjungan pemustaka.

“Di era modern ini perpustakaan harus pandai memoles diri.

Baca: Wapres Perkenalkan Wali Nanggroe Malik Mahmud di Acara Peresmian Perpustakaan Digital di Jakarta

Jika dulu pengelolaan administrasi dan penelusuran informasi di perpustakaan dilakukan secara manual.

"Di era digital ini, perpustakaan harus berbenah diri dengan mengikuti perkembangan teknologi”,kata Nurussalim.

Sementara itu, Direktur ALC, T Ade Vidyan Maqfirah S.IP melalui Manager Program dan Kerjasama, Arkin S.IP mengatakan bahwa selama dua hari pihaknya bersama sejumlah mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan fokus pada bedah perpustakaan dan pengembangan sistem automasi berbasis software Inlislite.

“Selain bedah perpustakaan dan sistem kita juga bertanggungjawab membekali para staf untuk pelatihan dan pendampingan sistem perpustakaan,”kata Arkin selaku penanggungjawab kegiatan. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved