Ke Senayan, PA Tunggu Restu Mualem

Desas-desus sejumlah pentolan Partai Aceh (PA) yang digadang-gadang ke Senayan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019

Ke Senayan, PA Tunggu Restu Mualem
Sarjani 

*Malam Ini Pengurus PA Dilantik

BANDA ACEH - Desas-desus sejumlah pentolan Partai Aceh (PA) yang digadang-gadang ke Senayan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 terus mencuat, terutama di internal partai. Nama-nama seperti Abdullah Saleh, Kautsar, Azhari Cagee, Muharuddin, Azhar Abdurrahman, dan beberapa lainnya disebut-sebut dijagokan sebagai caleg DPR RI tahun depan.

Bahkan kabarnya, para kader PA tersebut saat ini mulai melobi ‘kendaraan’ untuk menuju Senayan, misalnya, Kautsar ada yang menyebutkan dirinya saat ini dekat dengan pucuk pimpinan Partai Demokrat di Aceh. Begitu juga Abdullah Saleh, Azhari Cagee, Muharuddin, dan lainnya yang juga mulai melirik parnas lainnya seperti Gerindra, Partai Bulan Bintang, dan juga Hanura, sebagai pengusung mereka menuju Senayan.

Ketua Harian Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), Sarjani Abdullah yang ditanyai Serambi dalam konferensi pers di Banda Aceh, Senin (9/4) membenarkan isu tersebut. Dia juga tak menampik nama-nama di atas mulai mencuat. “Memang kita dengar-dengar isu, teman-teman itu akan maju ke DPR RI, tapi prosesnya sekarang sudah di mana, saya belum mengerti,” kata Sarjani dalam konferensi pers di Banda Aceh.

Mantan bupati Pidie ini mengatakan, saat ini belum ada sebuah kepastian siapa-siapa kader PA yang akan dikirim ke Senayan melalui partai nasional pada Pileg 2019. Dia menyebutkan, Ketua Umum DPA PA, Muzakir Manaf atau Mualem belum mengeluarkan peuneutoh terkait itu. Bisa disebut para kader PA masih menunggu restu Mualem untuk bertarung merebut kursi di Senayan.

“Sementara ini belum final, itu kebijakan ketua umum, saya kurang mengerti masalah itu, tapi menurut kami masalah itu belum ada keputusan. Kita masih menunggu karena itu tanggung jawab Mualem sebagai ketua,” kata Sarjani didampingi Juru Bicara DPA PA, Syardani M Syarif alias Teungku Jamaica dan anggota DPRA dari PA, Dahlan.

Ditanya Serambi apakah saat ini kader-kader PA masih menunggu restu Mualem menuju ke Senayan? Sarjani membenarkannya. “Iya mungkin begitu, karena itu kebijakan Mualem, kami hanya mendukung kebijakan ketua umum, yang nantinya Mualem mengambil kebijakan ini bukan sendiri juga, ada musyawarah dengan para tuha peut,” katanya.

Sementara untuk caleg DPRK dan DPRA, aku Sarjani, saat ini PA sudah mulai melakukan rekrutmen, hanya saja belum finalisasi di internal partai. Menurut Sarjani, hampir 80 persen sudah ada nama-namanya, tinggal keputusan saja. PA juga membuka peluang bagi tokoh-tokoh di luar PA untuk maju bersama PA di Pileg 2019 nanti, karena menurut Sarjani PA bukan hanya partai milik eks kombatan GAM saja.

“Oh itu tidak, partai kita partai umum, partai rakyat Aceh. Yang penting (yang dicalonkan) ada prinsip keacehannya, tidak mesti eks kombatan,” terang Sarjani.

Dalam konferensi pers kemarin, Sarjani juga mengatakan, hari ini tepatnya pada pukul 19.30 WIB di Amel Convention Hall Banda Aceh akan dilakukan pelantikan pengurus baru DPA PA hasil Musyawarah Besar (Mubes) II PA awal Februari lalu. Sebelum pelantikan nanti malam, sekira pukul 14.00 WIB DPA PA juga akan menggelar ziarah dan doa bersama di kompleks makam Deklarator GAM, Tgk Hasan Ben Muhammad (Hasan Tiro), di Meureu, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

Untuk kepengurusan yang akan dilantik hari ini, Sarjani mengaku ada sekitar 235 orang yang akan dilantik sebagai pengurus DPA PA periode 2018-2023. Sarjani mengaku, kepengurusan kali ini bertambah gemuk jika dibandingkan dengan kepengurusan sebelumnya. “Alasannya, karena perlu lebih banyak pengurus karena bidang-bidangnya pun bertambah dan memang kebutuhan partai besar. Jadi kalau ditanya alasan apa, ya karena tugas-tugas partai ke depan,” katanya.

Adapun pengurus yang dilantik adalah Ketua Umum, Muzakir Manaf atau Mualem beserta sejumlah wakil ketua, Ketua Harian Sarjani Abdullah, Sekretaris Jenderal Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak, beserta sejumlah wakilnya, Bendahara Hasan Sabon dan para ketua bidang beserta anggotanya. Direncanakan, pengurus DPA PA akan dilantik oleh Malik Mahmud selaku Tuha Peut PA. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help