Massa Baca Quran di Pengadilan

Sekitar 50 calon jamaah umrah korban penipuan PT Azizi Tour di Aceh Barat menggelar aksi membaca Alquran

Massa Baca Quran di Pengadilan
CALON jamaah umrah di Aceh Barat yang menjadi korban Azizi Tour membaca yasin di depan Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh, Aceh Barat, Selasa (10/4). Aksi tersebut dilancarkan ketika sidang lanjutan agenda tuntutan terdakwa Hj Cut Mega Putri dalam kasus Azizi di PN setempat. 

* Sidang Tuntutan PT Azizi Tour Ditunda

MEULABOH - Sekitar 50 calon jamaah umrah korban penipuan PT Azizi Tour di Aceh Barat menggelar aksi membaca Alquran surah Yasin di depan Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh, Selasa (10/4).

Aksi tersebut dimulai pukul 11.00 WIB menjelang sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Aceh Barat di PN setempat.

Setelah membaca Yasin, peserta aksi kembali memadati PN Meulaboh untuk menyaksikan proses persidangan dengan terdakwa Hj Cut Mega Putri, pimpinan Azizi Tour di Meulaboh.

Beberapa peserta aksi kepada wartawan mengatakan aksi mereka tersebut digelar sebagai bentuk doa dan keberkahan sehingga uang yang sudah mereka keluarkan untuk berangkat umrah dikembalikan dan pelaku dihukum setimpal.

“Kami ini korban yang telah ditipu. Kami meminta uang kami dikembalikan,” kata Tgk Saifuddin, perwakilan massa. Peserta aksi meminta hakim menjatuhkan hukuman setimpal kepada pelaku agar kasus serupa tak terulang lagi.

Para korban penipuan PT Azizi Tour tersebut rata-rata warga kurang mampu dan sudah lanjut usia yang berniat hendak umrah ke Tanah Suci. Namun setelah lama ditunggu mereka gagal diberangkatkan, dan ternyata malah menjadi korban penipuan.

Saifuddin meminta seorang pelaku lainnya Hj Nasla Lubis selaku pimpinan Azizi Tour di Medan agar segera ditangkap. “Kami meminta polisi segera tangkap pelaku yang di Medan itu. Kami juga mempertanyakan kenapa hingga kini belum tertangkap,” ungkapnya.

Sementara itu majelis hakim PN Meulaboh kemarin sekira pukul 14.30 WIB kembali menggelar sidang lanjutan kasus dugaan penipuan oleh Azizi Tour Meulaboh dengan terdakwa Hj Cut Mega Putri.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh JPU kembali ditunda pada Jumat (13/4) pekan ini dengan dalih bahwa tuntutan jaksa belum turun dari Kejati Aceh.

“Siap dan tidak siap hari Jumat tuntutan harus sudah dibacakan,” ujar Hakim Ketua Said Hasan SH didampingi hakim anggota M Taher SH dan Al-Qudri SH. Terdakwa turut didampingi Penasehat Hukum (PH).

Sementara JPU dari Kejari Dedek SH dan Yusni SH. Amanatan Serambi ruang sidang kemarin diramaikan dengan kehadiran puluhan korban Azizi Tour di bawah pengawalan kepolisian. Sejumlah korban yang hadir di ruang sidang sempat meluapkan kekecewaan terhadap penundaan sidang.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved