Pimpinan Azizi Dituntut 3 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Aceh Barat menuntut Hj Cut Mega Putri (50), pimpinan Azizi Tour Perwakilan Aceh Barat

Pimpinan Azizi Dituntut 3 Tahun Penjara
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Sidang tuntutan kasus Azizi di PN Meulaboh, Jumat (13/4/2018). 

MEULABOH - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Aceh Barat menuntut Hj Cut Mega Putri (50), pimpinan Azizi Tour Perwakilan Aceh Barat 3 tahun penjara, dalam kasus dugaan penipuan terhadap 164 calon jamaah umrah di kabupaten itu. Tuntutan itu dibacakan dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh, Jumat (13/4).

Sidang yang oleh Said Hasan SH dibantu hakim anggota M Taher SH dan Al-Qudri SH, serta JPU dihadiri Dedek Sumarta Suir SH. Terdakwa Cut Mega Putri didampingi Penasihat Hukum, Rasmita Sembiring SH. Sidang itu turut disaksikan puluhan calon jamaah umrah.

Dalam dakwaannya, JPU menyatakan yang memberatkan terdakwa karena merugikan calon jamaah umrah dan meresahkan masyarakat. Sedangkan yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum dan terus terang mengakui perbuatan dan menyesali, serta berjanji tidak akan mengulanginya.

JPU menyatakan, terdakwa bersalah melakukan tindak pidana berupa menyuruh melakukan atau turut melakukan penipuan terhadap orang lain. Karena itu, JPU meminta majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 3 tahun dikurangi masa tahanan, dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan. JPU juga meminta hakim menetapkan barang bukti dirampas untuk dilampirkan dalam berkas perkara.

Setelah sidang, terdakwa kembali dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas IIB Meulaboh tempat selama ini ia ditahan. Sorakan dari sejumlah calon jamaah terhadap terdakwa terdengar setelah sidang yang dikawal ketat anggota Polres Aceh Barat.

Seperti diberitakan, kasus ini bermula dari pengaduan 37 dari 164 calon jamaah umrah ke Polres Aceh Barat. Mereka mengaku menjadi korban penipuan karena sudah berkali-kali ditunda keberangkatan oleh Azizi Tour Meulaboh. Padahal, mereka sudah menyetor dana Rp 15 juta-Rp 22 juta per orang kepada pihak travel tersebut. Total kerugian calon jamaah umrah diperkirakan Rp 3 miliar lebih.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, Senin 28 Agustus 2017, Polres Aceh Barat menetapkan Hj Cut Mega Putri, pimpinan Azizi Tour di Meulaboh, sebagai tersangka. Hingga kemarin, polisi masih memburu seorang tersangka lain yaitu Hj Nasla Lubis pimpinan Azizi di Medan.

Terdakwa melalui penasihat hukumnya, Rasmita Sembiring menyatakan nota pembelaan akan disampaikan secara tertulis dalam sidang lanjutan, Jumat (20/4) mendatang.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help