1.000 Ton Beras Dikirim ke Suriah

Sebanyak 1.000 ton beras yang merupakan sumbangan masyarakat Aceh dan beberapa provinsi lainya di Indonesia

1.000 Ton Beras Dikirim ke Suriah
PRESIDEN ACT, Ahyudin bersama Syeikh Ali Jaber, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman,Pimpinan Dayah Ummul Ayman Samalanga, Waled Nu, Istri Gubernur Aceh, Darwati A Gani dan tokoh lainnya melepas 1.000 ton beras sumbangan masyarakat Aceh dan beberapa provinsi lain yang akan dikirim ke suriah, di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (15/4). 

* Diwarnai Tablig Akbar

BANDA ACEH - Sebanyak 1.000 ton beras yang merupakan sumbangan masyarakat Aceh dan beberapa provinsi lainya di Indonesia telah dikirim ke Suriah. Pelepasan beras yang diisi dalam puluhan kontainer itu berlangsung Minggu (15/4) di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Acara pelepasan beras dengan tema Kapal Kemanusian untuk Suriah itu diwarnai tablig akbar yang dihadiri oleh relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), ulama, tokoh masyarakat, santri, dan masyarakat umum. Sejumlah ulama tampak mengisi tablig akbar tersebut, yaitu hafiz sekaligus dai nasional, Syekh Ali Jaber, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali, Tgk Muruzzahri (Waled Nu), Tgk HM Yusuf AW (Tu Sop), Ustaz Fadlan Garamatan, Tgk H Zamhuri, dan Ustaz Bobby Herwibowo Lc.

Amatan Serambi kemarin, masyarakat sudah berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) sejak pukul 15.00 WIB, setelah shalat Asar kegiatan dimulai dengan menonton video kondisi warga Suriah saat ini, lalu tausiah yang disampaikan oleh sejumlah ulama serta doa bersama untuk Suriah. Kegiatan diakhiri dengan pelepasan truk trailer pengangkut beras di depan MRB pukul 18.20 WIB.

Seribuan masyarakat yang hadir tampak mengikuti sejak awal hingga akhir. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Aceh. Sebagian besar yang hadir merupakan santri dari beberapa pesantren di Aceh.

Beras yang berjumlah 1.000 ton itu dimasukkan dalam 40 kontainer, lalu diangkut dengan 20 truk trailer untuk dibawa ke Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, melalui jalan darat, karena beras itu akan dinaikkan ke kapal melalui Pelabuhan Belawan.

Presiden ACT, Ahyuddin kemarin mengatakan, mereka sangat bersyukur karena beras hasil sumbangan masyarakat sudah diberangkatkan dari MRB Banda Aceh ke Suriah. Apalagi pelepasan itu ikut dihadiri oleh ulama Aceh, ulama nasional, pemerintah, dan segenap unsur masyarakat.

Ia berharap beras sumbangan masyarakat Aceh dan Indonesia dapat dimanfaatkan oleh warga Suriah yang saat ini sedang dilanda perang. Ia juga berharap pengiriman beras dari masyarakat Aceh itu dapat menginspirasi daerah lain dalam membantu sesama.

“Pengiriman beras dari masyarakat Aceh ini akan menginspirasi daerah lain untuk melakukan hal serupa, sebab bangsa kita merupakan bangsa yang besar, seharusnya memberikan perhatian besar kepada bangsa lain yang sedang mengalami penderitaan seperti Suriah,” ujarnya.

Ahyuddin menjelaskan, beras tersebut diperkirakan akan tiba hari ini di Belawan, kemudian kontainer akan dimuat ke kapal dan akan mulai berlayar pada Sabtu (21/4) nati dan diperkirakan tiba pada Selasa (15/5) di Turki.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help