Sestama BkkbN Beri Kuliah Umum di UIN

Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN), Nofrijal SP MA

Sestama BkkbN Beri Kuliah Umum di UIN
KEPALA Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd (dua dari kiri), didampingi Kepala OPD KB Aceh Tenggara, Sudirman, meninjau kelompok UPPKS Anyaman Bambu, di Desa Muara Situlen, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara. 

BANDA ACEH - Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN), Nofrijal SP MA, Kamis (19/4), memberi kuliah umum di Auditorium UIN Ar-Raniny, Darussalam, Banda Aceh. Kuliah umum dalam rangka Implementasi Pendidikan Kependudukan Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) diikuti sekitar 600 mahasiswa univrtsitas itu yang akan mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).

Hadir dalam acara itu, Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd beserta pejabat administrator di jajarannya, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA, dan dosen.

Nofrijal dalam penjelasannya menyampaikan tentang pentingnya pembangunan berwawasan kependudukan, dengan melibatkan masyarakat sebagai objek dan subjek dari pembangunan itu sendiri. Ia juga menyatakan, jumlah penduduk perlu dikendalikan melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dapat tercipta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Sekretaris Utama yang juga Plt Deputi Pengendalian Penduduk BkkbN menyingung tentang program Generasi Berencana (GenRe) yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), seks pranikah atau perilaku seksual penyimpang, kesehatan reproduksi remaja, dan program Kampung KB.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, menyebutkan, dalam rangka sinkronisasi kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pemerintah menetapkan program dan kegiatan penyelenggaraan pengendalian kuantitas penduduk yang salah satunya melalui kerja sama pendidikan kependudukan.

Sahidal menambahkan, pendidikan kependudukan dilakukan melalui jalur pendidikan formal dan nonformal. “Pendidikan kependudukan melalui jalur formal sangat potensial untuk dikembangkan. Karena itu, BkkbN dan UIN Ar-Raniry sudah lama menandatangani MoU tentang Program KKBPK di kampus tersebut,” pungkas Sahidal.(rel/jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved