Tafakur

Nama Baik

Meskipun ada yang mengatakan “Apalah arti sebuah nama”, umumnya kita tak mau nama baik tercoreng

Nama Baik

Oleh: Jarjani Usman

“Dan Allah mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apapun yang kamu tampakkan” (QS. An Nahl: 19).

Meskipun ada yang mengatakan “Apalah arti sebuah nama”, umumnya kita tak mau nama baik tercoreng. Apalagi nama bisa menjadi doa bagi kehidupan seseorang, sehingga sangat dianjurkan untuk diberikan nama-nama yang baik. Juga nama seorang alim untuk seorang anak, yang diharapkan anak tersebut mengikuti jejak orang alim tersebut kelak. Namun demikian, tak sedikit orang yang sengaja berperilaku tak terpuji sehingga mencoreng nama baiknya sendiri.

Meskipun sudah melakukan kekejian, tetap saja banyak tak ingin nama baiknya tercoreng. Sehingga sebahagian orang berupaya melakukan perbuatan keji dengan sembunyi-sembunyi. Sebenarnya, kalaupun bersembunyi hanyalah ingin menjaga nama baiknya dalam pandangan manusia, tetapi tidak kepada Allah. Padahal malu sesungguhnya seseorang hamba adalah kepada Allah, sehingga nama baik di hadapan Allah juga perlu selalu dijaga.

Bila seseorang sudah menjaga nama baiknya di hadapan Allah, maka akan lebih terjaga lagi di hadapan manusia. Seseorang yang sudah menjaga nama baiknya akan merasa bahwa Allah tak pernah tidur dan selalui melihat gerak-gerik hamba-hambanya setiap saat. Hasilnya, orang-orang seperti itu akan selalu berusaha menjaga diri dari melakukan perbuatan-perbuatan yang tak terpuji.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved