66 Tenda Tot Apam Disediakan, Ini Filosofinya dan Aneka Kegiatan Pidie Apam Fair

Malahan Pidie berkomitmen untuk menjadikan kuliner khas daerah ini (apam) sebagai ikon makanan daerah Pidie

66 Tenda Tot Apam Disediakan, Ini Filosofinya dan Aneka Kegiatan Pidie Apam Fair
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Puluhan kaum ibu-ibu dari salah satu perwakilan kecamatan mengikuti ajang Pidie Apam Fair yang dipusatkan di halaman Alun-alun, Kota Sigli, Minggu (29/4/2018) siang. 

Laporan Idris Ismail I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Event Organizer (EO) atau penyelenggara hajatan Pidie Apam Fair menyiapkan sebanyak 66 tenda kerucut untuk menyukseskan hajatan acara Tot Apam yang pertama di Aceh yang dilangsungkan di halaman Alun-alun Kota Sigli, Pidie, Minggu (29/4/2018) pada pukul 14.00 WIB dengan jumlah peserta yang terlibat mencapai ribuan orang.

Ketua EO Pidie Apam Fair, dr Arika Aboebakar SpOG kepada Serambinews.com, Minggu (29/4/2018) disela-sela acara pembukaan mengatakan, guna menyukseskan hajatan Apam Fair Pidie yang pertama ini, ada juga acara lain seperti pentas seni berupa pembacaan syair, lagu Aceh, serta pameran foto Pidie Tempoe Dulu.

"Semua desain dalam penyelenggaraan Apam Fair Pidie ini atas ide kreatifitas tim EO putra asli Pidie. Tujuannya untuk menarik pengunjung dari berbagai daerah dalam menyukseskan pentas pertama Apam Fair yang pertama dilakukan di Aceh,"sebutnya.

Baca: Asap Apam Fair Mengepul di Alun-alun Kota Sigli, Melibatkan Ribuan Wanita Dari 23 Kecamatan

Secara khusus kegiatan Apam Fair yang dipelopori oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Pidie, Ny Wikan Wisti Hartati Fadhlullah SH ini semata-mata untuk melestarikan budaya Aceh berupa Tot Apam agar tidak punah.

Malahan Pidie berkomitmen untuk menjadikan kuliner khas daerah ini (apam) sebagai ikon makanan daerah Pidie.

Untuk selanjutnya menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan baik lokal maupun luar yang berkunjung ke daerah penghasil Emping Melinjo ini.

Menurut Arika, Apam Fair Pidie pertama ini mengandung nilai filosofi yang sangat tinggi pada prosesi Tot Apam.

Baca: VIDEO - Demo di Kantor Gubernur Ricuh, Massa Ngotot Serahkan Apam

Halaman
123
Penulis: Idris Ismail
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved