Tafakur

Kabar Gembira

Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan

Kabar Gembira

Oleh: Jarjani Usman

“Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunat disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan” (HR. Muslim).

Orang-orang mukmin banyak disediakan kabar gembira. Karena itu, Allah menyuruh untuk menyampaikan kabar gembira kepada orang-orang beriman, tentunya agar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sehingga akan sangat rugi bila tidak ditindaklanjuti dengan manfaatkannya.

Misalnya, kabar gembira tentang pertemuan dengan Sang Penciptanya di akhirat kelak, yaitu Allah Ta’ala. Ini suatu hal yang dinanti-nantikan setiap makhluk. Disebutkan dalam Alquran: “Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Rabb-nya mereka memandang” (QS. Al Qiyamah: 22-23).

Kabar gembira lainnya adalah bertemu dengan momentum-momentum dilipatgandakannya pahala, seperti momentum bulan suci Ramadhan. Disebutkan dalam Alquran, pahala orang-orang beriman dilipatgandakan hingga puluhan kali lipat. Karena itu, orang-orang beriman akan berusaha memanfaatkan momentum-momentum itu untuk memperbanyak ibadah dan amalan salih lainnya.

Bahkan ada kabar gembira bagi orang-orang mukmin yang masih memiliki orang tua. Dikatakan bahwa orang tua merupakan sumber pahala, ampunan dosa, dan masuk surga bagi anak-anaknya, tentunya bila mereka dirawat dan disantuni dengan baik. Bahkan Rasulullah SAW menyebutkan bahwa sungguh celaka orang yang masih punya orang tua usia lanjut tapi tak membuat (anak-anak)nya masuk surga (HR. Muslim), karena tak merawat orang tua.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help