Kepala Imigrasi Meulaboh: Warga Asing yang Salahi Aturan Akan Segera Ditindak

Warga asing dideportasi dari wilayah Indonesia, dilakukan apabila kegiatannya tidak sesuai dengan keberadaannya di Indonesia.

Kepala Imigrasi Meulaboh: Warga Asing yang Salahi Aturan Akan Segera Ditindak
DOK SERAMBINEWS.COM
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, Imam Santoso. 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jika ada warga asing yang melakukan pelanggaran atau penyalahan aturan yang berlaku di Indonesia, maka akan segera ditindak dengan deportasi atau pengusiran dari wilayah RI.

Hal itu disampaikan Kepala Imigrasi Meulaboh, Iman Santoso saat menjadi narasumber tamu by phone dalam talkshow Radio Serambi FM, Kamis (3/5/2018) pagi, membahas Salam (Editorial) Harian Serambi Indonesia berjudul 'Pemerintah Harus Tegas terhadap Pekerja Asing'.

"Kita akan lakukan tindakan apabila ada warga asing yang menyalahi aturan yang berlaku di Indonesia. Masyarakat juga bisa memberikan informasi ke kantor polisi atau kantor imigrasi apabila keberadaan warga asing dan kegiatannya meresahkan serta mengancam negara kita," kata Iman Santoso.

(Baca: VIDEO - Main Bola Tidak Bekali Izin, Dua WNA Ini Akan Dideportasi)

(Baca: Petugas BNN Tembak WNA Taiwan yang Bawa Sabu 50 Kg, Sempat Lompat ke Sungai)

(Baca: Kepala Imigrasi: WNA Asal China Kantongi Visa Kunjungan)

Hadir sebagai narasumber internal dalam talkshow bertajuk Cakrawala itu adalah Sekretaris Redaksi Harian Serambi Indonesia, Bukhari M Ali yang dipandu host, Dosi Elfian.

Dalam hal ini, dikatakan Iman Santoso pihaknya mengharapkan peran masyarakat dan instansi saling bekerja sama, dan tukar informasi terkait keberadaan warga asing yang melakukan pelanggaran di Indonesia.

Ia menambahkan, apabila ada warga asing yang ingin mengajukan izin tinggal (kitas), maka harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Di antaranya mengajukan surat permohonan ke Kantor Imigrasi setempat bahwa ada pekerja asing yang bekerja di perusahaan tersebut, memiliki rekomendasi dari instansi terkait seperti rencana pengguna tenaga kerja.

"Ini merupakan rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Ketenagakerjaan, dari surat rekomendasi ini dasar bagi kami memberikan izin tinggal terhadap pekerja asing tersebut," ujarnya.

Sementara terkait warga asing yang dideportasi dari wilayah Indonesia, Iman Santoso menjelaskan hal itu dilakukan apabila kegiatannya tidak sesuai dengan keberadaannya di Indonesia.

Misal, warga asing tersebut melakukan pekerjaan dan dari bukti di lapangan memiliki dokumen yang tidak sesuai, atau tidak dapat rekomendasi dari kementerian terkait.

"Tentunya kalau misalnya warga asing ini bekerja, dan kemudian menggunakan visa atau izin yang tidak sesuai maka ini pelanggaran. Dan pelanggaran ini akan dilakukan deportasi," demikian katanya.(*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved