Seluruh Keturunan Raja di Aceh Akan Gelar Zikir Akbar di Gampong Pande, Ini Jadwalnya

Acara dihadiri Raja Tamiang, Raja Peureulak, Raja Pase, Raja Jeumpa, Raja Lingge, Raja Pedir, Raja Trumon, Raja Kuala Batee.

Seluruh Keturunan Raja di Aceh Akan Gelar Zikir Akbar di Gampong Pande, Ini Jadwalnya
SERAMBINEWS.COM/NASIR YUSUF
Ketua Panitia Zikir Akbar dan Samadiah, Teuku Raja Syaifullah (tengah), Rabu (03/05/2018) dan sejumlah ahli waris memperlihat senjata tradisional yang merupakan pusaka raja Aceh masa lalu kepada para wartawan. 

Laporan M Nasir Yusuf | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Para keturunan raja-raja Aceh di seluruh Tanah Rencong akan menggelar zikir akbar, samadiah, dan khanduri di Gampong Pande Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, pada 6 Mei 2018.

Ketua Panitia Zikir Akbar, Teuku Raja Syaifullah (pewaris kerajaan Meureuhoem Daya) yang didampingi sejumlah keturunan raja-raja Aceh lainnya, ulama seperti Abi Lampisang, dan pakar sejarah Drs Husaini Ismail, mengatakan bersamaan dengan pelaksanaan zikir akbar tersebut, mereka sepakat menetapkan tanggal 6 Mei itu sebagai Hari Zikir dan Khanduri Raja.

Baca: Arkeolog Mulai Teliti Kawasan IPAL

Dikatakan, acara yang dipusatkan di Gampong Pande, direncanakan dihadiri para keturunan raja-raja dari seluruh Aceh mulai dari Raja Tamiang, Raja Peureulak, Raja Pase, Raja Jeumpa, Raja Lingge, Raja Pedir, Raja Trumon, Raja Kuala Batee.

Zikir Akbar dan samadiah akan dipimpin langsung oleh Abi Lampisang.

Baca: VIDEO: Turun ke Lokasi, Ini Kata Irwandi Yusuf Terkait Proyek IPAL

Abi Lampisang yang duduk di samping Teuku Raja Syaifullah ikut memberikan petuah tentang arti pentingnya zikir, samadiah, dan khanduri untuk para arwah yang sudah mengabdikan dirinya untuk membangun Aceh di masa silam.

Zikir dan samadiah ini, tidak hanya untuk para sultan, raja, tapi juga untuk para habib, ulama, dan teungku, dan rakyat Aceh yang secara bersama-sama ikut berjuang untuk menegakkan agama Islam di Tanah Aceh.

Baca: IPAL Diusul jadi Objek Wisata  

Halaman
12
Penulis: Nasir Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved